Diplomasi Budaya Ala Bali

Foto oleh : wd asmara
Pin It

Sebuah pesta kesenian digelar setiap tahun dengan melibatkan seniman dari berbagai daerah di Indonesia , termasuk beberapa dari Mancanegara. Acara yang digelar di Taman Budaya Denpasar dan Institut Seni Indonesia kota Denpasar ini diharapkan bisa membangun ruang komunikasi antar seniman sebagai bentuk diplomasi budaya dalam membangun keharmonisan hidup dan bukan sekedar menjadi totonan rutin tiap tahun.

Pesta Kesenian Bali digelar selama sebulan penuh dari Tanggal 11 Juni hingga 09 Juli 2011 dengan mengusung tema Desa , Kala , Patra yang maknanya adalah Adaptasi diri dalam multikultur. Acara ini melibatkan ribuan seniman dan bahkan beberapa berasal dari mancanegara seperti Malaysia , Amerika , Australia , Jepang dan India.

Agenda PKB ke 33 ini meliputi kegiatan pawai dan atraksi budaya , perlombaan dan pementasan kesenian , pameran indutri kecil dan kerajinan serta sarasehan.Dalam pembukaan pesta budaya ini dimeriahkan atraksi Gong Kebyar , Beleganjur , Angklung , lagu daerah Bali , parade Ngelawang , joget Bumbung , Wayang Topeng , Prembon dan masih banyak lagi. Sendratari kolosal “ Bisma Dewabharata “ menjadi sajian utama pembukaan di Ardha Candra Taman Budaya .

Sampai bertemu dengan Kratonpedia di Bali dan tunggu cerita kami dari gelaran Pesta Kesenian Bali ke 33 di Denpasar selanjutnya. Salam Kratonpedia. 

(teks dan foto : Wd Asmara/KratonPedia)

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos