Kediri Bertutur ke-5

Kandi Windoe
Artikel oleh : Kandi Windoe
Foto oleh : Kandi Windoe
Pin It

KEDIRI BERTUTUR ke-5 mempersembahkan pagelaran seni budaya “Dari Akar Tradisi Kesenian Jaranan” di Desa Sonoageng, Prambon, Nganjuk tanggal 11 April 2015 pukul 19.15 sampai 21.30 malam menampilkan:

 

1.  Matahari Majapahit Karya Tari Kediri Bertutur (pentas oleh anak-anak desa Sonoageng, Nganjuk)

 

Pagelaran Seni dan Budaya “Kediri Bertutur” mengetengahkan dan menghadirkan kembali lakon-lakon cerita Panji dan Dewi Sekartaji, ditengah masyarakat kita yang “kekinian,” yang telah kehilangan “jati diri” akar budayanya sendiri. Bentuk-bentuk kesenian budaya Panji dan Dewi Sekartaji seperti seni rakyat jaran kepang, wayang krucil, reog ponogoro, tari dan tembang Jawa adalah wahana “ekpresi dan eksplorasi” bentuk pagelaran seni dan budaya Kediri Bertutur.

 

Budaya spiritual masyarakat Jawa kuno, “ritual peribadatan, sesaji, ruwatan sampai tradisi panen raya,” sebagai sumber pendekatan dan penafsiran dari gagasan dan konsepsi pagelaran seni dan budaya Kediri Bertutur. Pagelaran seni dan budaya Kediri Bertutur diharapkan menjadi “peristiwa budaya,” yang sanggup membangkitkan kembali “kesadaran dan spirit” masyarakat saat ini akan “keluhuran dan kegeniusan budaya” yang diwariskan nenek moyang kita.

 

"Matahari Majapahit" ini mengangkat sisi-sisi kepribadian Gayatri yang sangat dipengaruhi oleh tokoh Panji Asmorobangun dan Sekartaji (Cerita Panji). Gayatri puteri dari Raja Kertanegara (Raja Singosari) adalah sosok sentral dibalik berdirinya dan kejayaan kerajaan Majapahit. Cerita Panji yang menjadi sumber inspirasi Gayatri, menjadikannya seorang wanita yang tidak hanya memiliki sifat lembut, halus, tabah, akan tetapi Gayatri juga sosok perempuan cerdas, pemberani, gagah dan kuat. Sumpah Palapa yang diucapkan Gajah Mada adalah karya besar Gayatri. Budaya reog (arak-arakan) yang berasal dari era kerajaan Kediri, kekuatan militer Majapahit sampai tradisi ritual peribadatan masyarakat Jawa dihadirkan dalam pentas koreografi tari "Matahari Majapahit.”

 

2. Eksplorasi Instrumen Musik, Tembang dan Tari dari Surakarta

 

   a. Kolaborasi perkusi (gendang, jimbe) dan shakuhachi

   b. Kolaborasi seni gerak Amewujud, tarian alam semesta dan   tarian kuda kepang

   c. Personil:

      1. Plenthe (gendang)
      2. Piecee (jimbe)
      3. Romania (sinden)
      4. Edy (penari kuda kepang dari Kediri Bertutur)
      5.  

3. Fragmen Kesenian Jaranan Tari Trance oleh Carang Gedang Kota Kediri

 

4. Kesenian Rakyat Pogokan Pentas Spiritual Aji Segoro Geni dari warga desa Sonoageng Nganjuk 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos