Chrisye

Reza Fahlevi
Artikel oleh : Reza Fahlevi
Foto oleh : http://jejaring.net/isi/uploads/2014/11/Chrisye-Kisah-Kasih-Di-Sekolah.jpg
Pin It

Mengenal musik sudah pasti mengenal band-band yang sudah laris di Indonesia. Jelas! Lagu ciptaan negeri kita sendiri patutnya didengarkan supaya bisa merasakan bagiamna esensi musik-musik yang diciptakan oleh musisi tanah air. Kita sering mendengar penyanyi yang menghiasi lagu-lagunya dengan elok dan parasnya masing-masing, tak terlebih dari siapa pun juga. Para penyanyi seperti Iwan Fals, Chrisye, Iye, Erwin Gutawa punya genre masing-masing dan sampe sekarang masih banyak penggemar nya. Untuk kali ini, Alm. Chrisye menjadi topiknya. Legenda pop Indonesia yang sudah pasti dikenal banyak orang, menjadikan suatu musik pop Indonesia menjadi lebih art dan kreasi baru dalam menciptakan lagu. Sering terlihat sebagai pria polos, tak berdosa namun dengan rambut gondrong yang meyakinkan bahwa ia adalah anak band dan menjadi legenda nantinya.

Awal hidup alm. Chrisye yang berasal dari keturunan Cina-Indo dengan nama asli Chtistian Rahadi. Chrisye memulai ketertarikan dalam bidang musik pada saat SMA, dia belajar main bass dan bersama kakaknya, membentuk suatu grup band bernama Gipsy. Chrisye, yang dulu ayahnya ingin menjadi seorang arsitek, ternyata lebih tertatik dibidang musik. Ia pun berpegian ke New York dan kembali pada tahun 1976 dan ditawari oleh Jockie Soerjoprajogo dari Prambors. Suara Chrisye yang tenor membuatnya menjadi terkenal dan mengeluarkan album seperti Lilin-lilin kecial, Badai Pasti Berlalu, dan Sabda Alam. Alhasil, sukses pun bergelimpangan dan memastikan posisi Chrisye di puncak penghasilan. Lagunya Gita Cinta, Puspa Indah, Badai Pasti Berlalu, Seperti yang kau minta, dan masih banyak lagi merupakan masterpiece dari beliau ini.

Menurut saya, alm. Chrisye adalah salah satu legenda Indonesia, dan namanya dicantumkan pada Rolling Stone pada 2011, beberapa tahun setelah meninggalnya beliau karena kanker paru-paru. Beliau adalah musisi yang sangat berperan penting dikancah musik Indonesia ini. Jujur saja, Chrisye dulu menjadi lagu yang paling sering saya dengar, dan lagunya juga sering disiarkan di radio dan kadang di sinetron juga.

Source:http://mradiofm.com/detail/161/profilband/Chrisye 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos