PERWUJUDAN CERITA PANJI DALAM KAMPUNG GEDANG KEDIRI BERTUTUR

Kandi Windoe
Artikel oleh : Kandi Windoe
Foto oleh : Kandi Windoe
Pin It

Kegiatan pada awal bulan Maret hingga bulan Mei 2015, Kediri bertutur bersama-sama mahasiswa UI program Periklanan Internasional angkatan 2013 membuat kegiatan pemberdayaan anak-anak dan masyarakat di Kampung Gedang Jakarta Selatan. Kegiatan pemberdayaan yang dibuat diberi Tema "Kreatifitas Anak Kampung Gedang." Kegiatan ini terinspirasi dari cerita Panji. Lewat kegiatan kreatifitas, anak-anak dan warga Kampung Gedang diajak untuk sadar dan cinta lingkungan. Tradisi panen raya masyarakat tempo dulu menjadi sumber ide lahirnya kegiatan di Kampung Gedang. Anak-anak dan warga di ajak menanam jagung dan pohon singkong di perkampungan yang sempit dan penuh barang-barang bekas (rosok). Pengumpul barang bekas (rosok) adalah mata pencaharian utama warga di Kampung Gedang. Saat menunggu panen jagung, anak-anak Kampung Gedang diajari berbagai kreatifas lewat workshop melukis benda-benda keseharian seperti botol air mineral, kaos serta kendi terbuat dari tanah liat oleh mahasiswa UI  program Periklanan Internasional angkatan 2013. Gelar karya kreatifitas anak-anak di Kampung Gedang  diadakan saat masa panen jagung tiba.

IMG_1646a.jpg

 IMG_1653.jpg

Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah terciptanya iklim kebersamaan, kerukunan dan semangat gotong royong di warga Kampung Gedang. Cerita Panji bukan hanya sekedar karya sastra, folklor (cerita rakyat), buku bacaan penghantar tidur serta teman bacaan pengisi waktu luang. Cerita Panji adalah tuntunan dan sumber ilmu pengetahuan.

IMG_1778_1.jpg

 IMG_1956a.jpg

Kediri Bertutur lahir dari realitas kebudayaan lokal yang sudah ditinggalkan dan dianggap kuno oleh masyarakat. Padahal di sisi lain, dunia barat dari masa penjajahan sampai saat ini terus melakukan penelitian serta kajian-kajian kebudayaan lokal untuk keperluan pengembangan demi kemajuan kebudayaan barat di masa kini dan akan datang. Penelitian lewat situs sejarah kerajaan, benda-benda arkeologis dan seni budaya terus digali, dieksplorasi dan didalami  dunia barat. Bahkan cerita Panji, karya asli kebudayaan lokal, keberadaannya justru berkembang dan lestari  di mancanegara (Thailand, Vietnam, Kamboja).

IMG_0664.jpg
Cerita Panji berlatar sejarah kerajaan di Jawa Timur (Panjalu dan Jenggala). Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji merupakan dua tokoh sentral dalam kisah cerita Panji. Dibalik cerita pengembaraan, peperangan dalam liku-liku perjalan kisah cinta Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji terkandung nilai-nilai kearifan lokal yang luhur. Ketuhanan, keselarasan manusia dan alam, nilai kesatriaan (kebenaran dan keadilan), keteladanan kepemimpinan yang mengutamakan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi dan golongan serta nilai budi pekerti merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam cerita Panji. Kandungan nilai - nilai kebaikan, kebenaran dan kebajikan dalam cerita Panji patut diteladani bagi anak-anak generasi penerus bangsa. Lewat seni pertunjukkan Kediri Bertutur mengenalkan nilai - nilai kearifan lokal pada anak-anak dengan menghadirkan kembali cerita Panji. 
Cerita panji hanyalah salah satu kisah dari catatan sejarah tentang kebesaran dan kejayaan peradaban yang pernah dicapai di masa Kerajaan Nusantara.

 IMG_0971a.jpg

IMG_0680.jpg

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos