Keanekaragaman Taman Nasional Kepulauan Seribu

Arvianno Unggul Kuntoro
Artikel oleh : Arvianno Unggul Kuntoro
Foto oleh : www.daftartempat.com
Pin It

Taman nasional adalah wilayah yang di lindungi oleh pemerintah pusat, tujuan nya adalah untuk melindungi ekosistem-ekosistem yang keberadaanya jika tidak dilindungi akan berpotensi mengalami kepunahan. Taman nasional terbesar yang ada di dunia adalah Northeast Greenland National Park, yang didirikan sejak tahun 1974.


Tetapi bagi Masyarakat Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia terdapat beberapa Taman Nasional, dan yang sudah di akui oleh UNESCO adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua Barat, dan Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.


Salah satu Taman Nasional yang dekat dari Ibukota adalah Taman Nasional Kepulauan Seribu, tepat nya terletak kurang lebih 45 km pada lokasi geografis 5°23’ - 5°40’ LS, 106°25’ - 106°37’ BT sebelah Utara Jakarta, Taman nasional ini terdiri ekosistem ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal, yang terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau sekitar 2.136 hektare.


Taman Nasional ini juga menjadi sarana peneluran penyu sisik dan penyu hijau yang notabene adalah hewan yang sangat langka saat ini dan butuh perlindungan. Dan untuk pesona tumbuh-tumbuhan nya pun tidak kalah menarik, karena di dominasi oleh spesies pesisir seperti kelapa sawit (Cocos nucifera) , pandan (Pandanus sp.) , cemara Laut (Casuarina equisetifolia) , cangkudu (Morinda citrifolia) , butun (Barringtonia asiatica) , mangrove(Bruguiera sp.) , sukun (Artocarpus altilis) , ketapang (Terminalia cattapa) , dan kecundang (Cerbena adollam).

Masih ragu untuk berlibur ke Taman Nasional ini?

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos