Perkampungan Setu Babakan

Syarifah Hana Alhaddad
Artikel oleh : Syarifah Hana Alhaddad
Foto oleh : Sica Harum
Pin It

Diantara hiruk pikuk keramaian kota Jakarta yang dikenal sekarang, terletak sebuah warna lama yang memberikan jiwa kepada kota ini. Asal-usul suku Betawi kini sudah dikenal baik berakar di Jakarta atau pada zamannya disebut Batavia. Namun, dengan perkembangan Jakarta yang begitu pesat, keberadaan mereka hanya diingkat semata-mata pada tempat-tempat tertentu. 

Kampung Setu Babakan adalah salah satunya. Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, kampung tersebut telah dikenal baik sebagai pusat kebudayaan Betawi yang beragam dengan unsur etnisnya. Nuansa tradisi yang terdapat dalam kampung ini antara lain adalah, arsitektur khas Betawi, makanan jajan Betawi, pagelaran seni budaya Betawi serta pemandangan rekreasi lainnya yang terbentuk atas kebudayaan Betawi. 

Keistimewaan inilah yang kemudian membuat kampung Setu Babakan sebagai salah satu tempat wisatawan yang patut untuk dikunjungi. Dengan keindahan nuansa yang terdapat dalam perkampungan ini, butuh diingat kembali bahwa layaknya tempat ini menjadi lebih dari sekedar pusat adanya kebudayaan Betawi tetapi peringatan bagi masyarat Indonesia, khususnya di Jakarta, bahwa kami harus sangat melindungi kekayaan aset budaya ini. 

Photo Credit

http://www.wego.co.id/berita/wisata-kampung-betawi-di-sudut-jakarta/  

References

https://setubabakan.wordpress.com/about/

http://travel.kompas.com/read/2014/01/05/1228057/Ragam.Budaya.Betawi.di.Setu.Babakan

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/15/083480601/Setu-Babakan-Akan-Punya-Pulau-Kampung-Betawi

http://www.damniloveindonesia.com/articles.php?id=505

  

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos