Kampung Pekojan

Syarifah Hana Alhaddad
Artikel oleh : Syarifah Hana Alhaddad
Foto oleh : REP
Pin It

Pekojan memang sering diasosiasikan sebagai tempat hijrahnya kaum Arab di Indonesia pada abad 18. Pada zaman tersebut, kampung ini dipenuhi imigran dari Hadhramaut/Yaman yang diwajibkan untuk bertempat disitu atas peraturan pemerintah Belanda. Namun, penelusuran dalam kampung ini menemukan bahwa pada awalnya, kaum Arab bukanlah penghuni pertama, melainkan Muslim India yang berasal dari beberapa kota di India seperti Gujarat dan Bengal. Perkampungan ini mempunyai sejarah yang sangat kuat karena pernah menjadi pusat berdagang dan penyebaran agama Islam kaum Hadrami.  Tak terkecuali, kegiatan kaum Arab ini telah banyak membentuk Budaya Betawi yang dikenal sekarang.

Cobalah lihat pakaian pengantin khas Betawi. Bisa dilihat kostum ini sangat dipengaruhi oleh adat Cina dan Arab. Representasi ini saja semakin jelas menggambarkan budaya Betawi yang begitu pesat dengat pengaruh adat-adat lain hingga luar Indonesia. Pekojan masa kini tentunya memiliki demografi yang sangat berbeda dibanding awal perkembangannya. Saat ini, perkampungan tersebut bahkan dihuni dengan mayoritas Tionghoa dan hanya sekitar 25 persen dari penduduk Pekojan dihuni kaum Arab. Seiring jalannya waktu, warga Arab yang bertempat disana banyak berpindah ke Otista, Kwitang, Condet dan daerah Jakarta lainnya. Walau demikian, sebagian dari mereka yang beralih masih rajin mengunjungi Pekojan untuk beribadah di masjid-masjid ternamanya seperti Al Anshor, Jami-Annawier serta Mushola Langgar Tinggi. 

Perkunjungan ke Pekojan akan menjadi lebih dari sekedar wisata menambah ilmu sejarah. Kaum Betawi yang dikenal sekarang, apapun turunannya, mempunyai nilai adat yang terbuat oleh percampuran antar budaya dari para Imigran kota Batavia seperti kaum Arab, yang kini membentuk keunikan budaya tersendiri pada orang-orang Betawi yang menganutnya. 

 

Reference

https://www.youtube.com/watch?v=aaLCXNvO2k0

http://www.jakarta.go.id/v2/news/2012/11/jejak-muslim-india-dan-arab-di-pekojan#.VObtmLOUdhW

http://pustakaaristoteles.blogspot.com/2014/04/kampung-arab-pekojan.html 

Photo Credit

http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/09/16/trio-bukan-kwek-kwek-edisi-ii-menelusuri-sisa-sejarah-perkampungan-arab-pekojan-jakarta-barat-593005.html  

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos