Peninggalan Sang Legenda : Museum Basoeki Abdullah

Mutiara
Artikel oleh : Mutiara
Foto oleh : http://museumbasoekiabdullah.or.id
Pin It

Basoeki Abdullah merupakan salah satu pelukis beraliran realis dan naturalis yang lahir di Surakarta, Indonesia, pada tahun 1915. Ia pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka tahun 1974. Ketika Basoeki Abdullah meninggal pada 5 November 1993, ia memiliki wasiat agar lukisan dan koleksi benda seni pribadinya diberikan kepada Pemerintah Republik Indonesia.

 

Dengan demikian pada tahun 1998, rumah Basoeki Abdullah yang berlokasi di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan yang kemudian direnovasi agar dapat difungsikan sebagai museum yang diresmikan pada 25 September 2001.

 

Pengunjung yang datang ke Museum Basoeki Abdullah dapat melihat koleksi lukisan dan koleksi pribadi beliau hanya dengan membayar Rp 2.000,-. Ketika berkunjung ke Museum ini, jangan segan untuk meminta penjaga museum untuk menceritakan sejarah dan koleksi yang ada di sana.

 

Adapun koleksi tersebut meliputi patung, wayang, senjata, topeng, dan lain-lain. Pada Museum ini terdapat 720 benda seni milik Basoeki Abdullah yang dapat dilihat oleh pengunjung. Beberapa lukisan Basoeki Abdullah yang menarik adalah karya maestro dari Bung Karno, Bung Hatta, Soeharto, Sultan Hasanah Bolkiah, Lee Kwan You, Imelda Marcos, dan Ibu Tien Soeharto.

 

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat 123 koleksi benda seni yang disumbangkan kepada Museum Basoeki Abdullah. Selain benda seni, Musem Basoeki Abdullah juga menyimpan kurang lebih 3000 buku-buku atau majalah. Uniknya, pengunjung juga dapat melihat ruang tamu dan kamar tidur Basoeki Abdullah yang masih dipertahankan seperti kondisi saat rumah itu masih menjadi kediaman Basoeki Abdullah.  

 

Jangan ragu untuk mengunjungi Museum Basoeki Abdullah untuk merasakan kebanggaan bahwa bangsa Indonesia pernah memiliki seorang pelukis kelas dunia. Jika anda tertarik untuk mengunjungi Museum Basoeki Abdullah, anda juga dapat mengikuti beberapa layanan masyarakat yang adakan oleh Museum Basoeki Abdullah berupa pameran, seminar, dan workshop. 

 

Source :  http://museumbasoekiabdullah.or.id

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos