Sejarah Kelam Pulau “Yang Tidak Pernah Beristirahat”

Arvianno Unggul Kuntoro
Artikel oleh : Arvianno Unggul Kuntoro
Foto oleh : http://depankbelieve.blogspot.com/2013/05/sejarah-pulau-onrust.html
Pin It

Kepulauan seribu, sebuah kalimat yang tidak jauh dari kesan liburan,wisata, dan aktivitas menyenangkan lainnya, tapi apakah anda tahu terdapat banyak misteri dan kejadian kelam yang pernah terjadi di situ? Dari banyaknya pulau di kepulauan seribu, pulau Onrust lah yang paling banyak menyimpan sejarah kelam.

 

“Onrust” berasal dari bahasa belanda yang artinya “tidak pernah beristirahat” atau “unrest” dari bahasa inggris. Nama itu diambil bukan tanpa alasan, tetapi pada saat zaman penjajahan zaman Belanda pulau itu di padati kapal-kapal perdagangan dan pulau itu termasuk pelabuhan yang sangat sibuk di masa nya, dan pernah singgah tokoh-tokoh pelaut terkenal yaitu James Cook dan Abel Tasman.

 

Pada tahun 1930 Pulau Onrust di kondisikan sebagai tempat karantina bagi warga Negara yang telah menyelesaikan ibadah haji nya di Arab Saudi sekaligus sanatorium bagi penderita TBC, kedok nya adalah untuk alasan kesehatan bagi para jemaat haji, tetapi sebenarnya adalah pemerintah Belanda khawatir akan timbul pemikiran baru dari warga yang bertandang ke Arab Saudi dan pemerintah harus mengkarantinakan dulu warga-warga nya.

 

Dari tahun 1933-1940 pulau ini dijadikan tempat tawanan para pemberontak yaitu dari yang terlibat dengan insiden kapal tujuh dan orang-orang jerman yang dituduh pro-nazi. Pada tahun 1942 saat Indonesia  dikuasai oleh Jepang, pulau onrust dijadikan penjara bagi tahanan kelas berat salah satu nya adalah D.N Aidit yang notabene adalah pemberontak PKI.

 

Terdapat banyak makam di pulau ini, tetapi yang sangat menyita perhatian adalah makam dari petinggi DI/TII yaitu Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo dan makam seorang gadis anak dari petinggi VOC yang bernama Maria Van De Velde, seorang gadis yang meninggal di usia 28 tahun dan dimakamkan dengan gaun pengantinnya. Cerita sedih ini di mulai saat Maria yang setia menunggu suami nya yang pulang dari Belanda di Pulau Onrust, tetapi sedihnya lagi Maria tidak tahu bahwa ia menunggu sesuatu yang tidak akan dating karena suami nya sudah menemui ajal nya. Penantian Maria terhenti di saat ia terserang penyakit pes yang di bawa tikus dan akhirnya Maria meninggal dalam kondisi menyedihkan.

 

 Reference :

http://depankbelieve.blogspot.com/2013/05/sejarah-pulau-onrust.html

http://www.istithoriqi.com/2013/04/kisah-misteri-dan-sejarah-di-pulau.html

https://mylittlejourney85.wordpress.com/2012/11/12/napak-tilas-misteri-di-pulau-onrust/

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos