Museum Fatahilah

Alida Rahmalia
Artikel oleh : Alida Rahmalia
Foto oleh : Alida Rahmalia
Pin It

Museum Fatahilah yang telah berdiri sejak 1710 di daerah yang sering kita kenal Kota Tua menyimpan banyak sejarah dibaliknya.  

Gedung ini dulu adalah sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan Van Hoorn. Museum ini juga memamerkan  berbagai peninggalan sejarah kota Jakarta sejak zaman prasejarah, masa kejayaan pelabuhan Sunda Kelapa, era penjajahan, hingga ke masa setelah kemerdekaan.

Didepan Museum Fatahilah sendiri terdapat Taman Fatahilah dimana biasanya ramai pada hari Minggu pagi atau Sabtu pagi. Malam-malam pun biasanya ramai dikarenakan orang-orang datang untuk menikmati suasana malam di Jakarta Kota. Saya sendiri pun sangat enjoy dengan suasana Jakarta Kota ketimbang bermalam di mall-mall Jakarta, hanya saja Kota Tua sedikit jauh dari daerah rumah saya dan perlu memakan waktu untuk kesana. Tetapi alangkah baiknya jika tempat-tempat seperti ini dilestarikan di Jakarta. 

Bulan Juni lalu, daerah Taman Fatahilah atau Kota Tua, mengadakan acara yang disebut "Kota Tua Creative Festival" sebagai penikmat acara-acara seni, saya pun beranjak ke daerah Kota Tua pada tanggal yang tertera diposter acara tersebut untuk melihat konsep acara tersebut. 

Kota Tua Creative Festival adalah acara akhir pekan dimana warga Jakarta dapat menikmati dan mengeksplorasi ruang terbuka dan bangunan bersejarah yang unik dan penuh dengan potensial, namun terbengkalai di Kota Tua.

Festival ini merespon keinginan banyak pihak untuk merevitalisasi Kota Tua dengan berfokus pada pemberdayaan ruang urban-arsitektural yang ada bersama warga dan komunitas di Kota Tua. Dengan festival kreatif dimana aktivitas kontemporer dapat mengisi bangunan bersejarah, diharapkan agar revitalisasi fisik di Kota Tua dapat memupuk dinamika sosial yang telah berada disana.

Acara-acara seperti diatas harus lebih sering diadakan, apalagi di Jakarta. Banyak sekali museum-museum yang indah menjadi "forgotten part" of Jakarta, karena para penduduknya sudah beralih ke mall-mall dan melupakan hal-hal kecil dari kota kita ini.

Di Museum Fatahilah sendiri terdapat beberapa rangkaian aktifitas yang bisa dicoba contohnya:

  1. Wisata Kampung Tua
  2. Jelajah Malam Museum
  3. Workshop Sketsa Gedung Tua
  4. Nonton Bareng film-film Jadul
  5. Pentas Seni Ala Jakarta
  6. Kunjungan ala tentara indonesia

Aktifitas yang patut dicoba dikala waktu senggang! Salah satu cara untuk mengisi waktu senggang dan juga menikmati peninggalan-peninggalan sejarah negara kita lebih dalam.

Source: http://ktcf2014.org/

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos