Sinden

Tayub, Mataya Kanthi Guyub

Dulunya Tayub menjadi alat politik dan identik dengan erotisme, kini kesenian Tayub tampil dengan sajian yang sopan, jauh dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai normatif yang berlaku di masyarakat.
More

Kala Kembang Bertemu Kumbang

Sekar merupakan komposisi tembang kontemporer karya Peni yang akan dibawakan dalam acara Harare International Festival of The Art bersama Plenthe dan Faisal (personel wayang groove) di Zimbabwe Afrika 30 April hingga 1 Mei 2012
More

Peni Candra Rini, “Sang Profesor Sinden”

Peni Candra Rini, sinden asal desa Ngentrong Tulungagung ini sudah melanglang buana ke banyak negara termasuk Amerika dan berbagai negara di benua Eropa serta pernah mengajar gamelan di California Institut of the Art.
More

Nama Asliku Soimah Pancawati, Aku Dari Desa (2)

Namaku Soimah Pancawati, aku belajar karawitan sejak muda, dan aku selalu berusaha membawakan identitas budaya asal usulku ke dalam setiap menampilanku di panggung hiburan, aksen Jawa dan kesan ndeso yang orang kenal tentang aku.
More

Nama Asliku Soimah Pancawati, Aku Dari Desa (1)

Soimah Pancawati, dilahirkan di perkampungan nelayan desa Banyutowo Kabupaten Pati Jawa Tengah, tertarik dengan kesenian tradisional sejak kecil. Ketoprak tobong adalah salah satu cerita bahagianya waktu di desa.
More
loadmore