Nasi Goreng : Asli Indonesia atau Cina?

Gabriela Annisaa Balqis
Artikel oleh : Gabriela Annisaa Balqis
Foto oleh : Gabriela Balqis
Pin It

Nasi Goreng, siapa sih yang tidak kenal dengan Hidangan ini? Nasi Goreng adalah makanan barupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, bumbu-bumbu lainnya dan diberi tambahan lagi seperti telur, ayam, dan kerupuk.

 

Nasi goreng dapat kita temui dimana-mana, warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, restoran dan meja prasmanan dalam pesta, bahkan di depan rumah kita kalo malem ada gerobak yang lewat.

 

Tapi sebenaarnya berasal dari mana sih Nasi Goreng? Apakah Nasi Goreng Berasal dari Indonesia, atau dari China?

 

Nasi Goreng itu sendiri, di dalam bahasa inggris disebutnya “Fried Rice”.

 

Bermula dari Nasi. Nasi adalah sebuah bagian penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Dan Fried Rice sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak mau membuang makanan yang tersisa di hari sebelumnya. Makanya, sisa nasi itu di masak lagi dan  diberi bumbu-bumbu.

 

Dengan berjalannya waktu Fried Rice kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana yang akhirnya menciptakan Fried Rice khas lokal di Negara yang berbeda-beda.

 

Fried Rice di setiap Negara mempunyai nama yang berbeda, dan juga bumbu serta isi yang berbeda, di Amerika contohnya mereka namakan “Fried Rice”, di Korea “Bokkeumbap”, di Thailand “Khao Pad”, di Peru “Chaufa”, di Cambodia “Bai Cha”, di Jepang “Cha-Yan, Yakimeshi”, dan di Indonesia bernama “ Nasi Goreng”.

 

Bisa dibilang Nasi Goreng, adalah Fried Rice versi Indonesia.

 

Berarti makanan nasional Indonesia dong? Asli Indonesia? Iyap! Karena Nasi Goreng ini mempunyai bumbu, isi dan cita rasa yang berbeda dari setiap Negara, bahkan juga berbeda dari negara Cina sendiri.

 

 

Sangking nasionalnya Nasi Goreng, ada yang menyebut bahwa nasi goreng sebagai makanan “Akhir”, iya.. akhirnya nasi goreng, kalo kita bingung ingin makan apa, iya… akhirnya berujung lari ke nasi goreng. Lucu ya!

 

Ini dia varian nasi goreng yang kita kenal Negara kita tercinta :

 

  Nasi Goreng Ikan asin

  Nasi Goreng Jawa (Nasi goreng ini biasanya dibumbui dengan sambal ulek yang membuat rasanya pedas)

  Nasi Goreng Kambing

  Nasi Goreng Pete

  Nasi Goreng Ati Ampela

  Nasi Goreng Udang

  Nagi Goreng Gila

  Nasi Goreng Sosis

 

 

Dan masih banyak lagi, bermacam-macam pokoknya hanya isi dan dagingnya saja yang di ganti.

 

Dan Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat 2 dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia lho!

 

Nasi Goreng yang terkenal di daerah Jakarta ada Nasi Goreng Kebuli Apotik Jaya (Wijaya, Jakarta Selatan) dan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih (Menteng, Jakarta Pusat) dangan harga Kaki Lima dan Rasa Bintang Lima. Jangan lupa di coba ya!

 

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nasi_goreng#Buatan_sendiri

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos