Roti Kenyal asal Jakarta

Ajeng Savitri
Artikel oleh : Ajeng Savitri
Foto oleh : https://nunik99.files.wordpress.com/2015/03/11.jpg
Pin It

Toko Roti Tan Ek Tjoan adalah salah satu toko roti jadul ini masih digemari oleh masyarakat. Sejak tahun 1953 roti yang dibuat secara tradisional ini dicintai oleh masyarakat Jakarta karena rasanya yang khas. Bangunan tokonya sangat sederhana, bangunan bekas kantor asuransi ini masih meninggalkan ciri khas tradisional yang terlihat dari arsitekturnya yang sangat kuno. Sang pemilik, Kim Tamara memilih untuk menjual roti karena pada zamannya roti merupakan salah satu makanan yang terkenal. Tak hanya di toko, Kim juga menjual roti-rotinya dengan tukang roti keliling yang mendatangi rumah-rumah pelanggan.

Toko Tan Ek TJoan menjual berbagai jenis roti jadul yang tak terkalahkan rasanya dengan roti-roti modern. Berbagai menu roti masih dipertahankan sampai sekarang dan masih menjadi roti-roti favorit pelanggan. Jenisnya bermacam-macam mulai dari roti gambang,  roti nougat, bimbam, solo, hingga roti coklat oles yang paling disukai oleh para pelanggan.

Pelanggan toko roti ini datang dari berbagai kalangan. Tidak hanya remaja saja, tetapi anak-anakdan para lansia juga menyukai roti ini. Biasanya para pelanggan menikmati roti dengan secangkir kopi atau teh. Harga roti yang dijual di toko ini juga tidak mahal sekitar 5.000 sampai 30.000. Tetapi tidak hanya roti-roti yang dijual di toko ini berbagai minuman dan juga makanan-makanan besar seperti mie, nasi goreng, soup, dan bihun juga digemari oleh para pembeli.

Roti-roti yang dijual adalah roti buatan tangan sendiri. Tekstur rotinya tidak seperti roti-roti modern lainnya, rotinya lebih empuk, padat dan kenyal. Roti ini sangat bersejarah di kota Jakarta, walau bangunan pabrik dan toko sudah mau dipindahkan, tapi toko roti ini tetap harus dilestarikan karena sangat memberi kesan sejarah bagi para pelanggan toko ini.

 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2015/01/13/084300527/Roti.Jadul.Bertahan.di.Kota.Modern

 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos