Didi Petet: Mengenang Beliau

Reza Fahlevi
Artikel oleh : Reza Fahlevi
Foto oleh : http://www.rmol.co/images/berita/normal/508064_07555115052015_didi_petet.jpg
Pin It
Baru-baru ini dikejutkan dengan meninggalnya seorang pelawak legendaris Indonesia. Didi Widiatmoko alias lebih akrab disebut Didi Petet, telah pergi meninggalkan dunia ini pada pukul 05:30 14 Mei 2015. Didi Petet juga banyak dikenal sebagia "Si Emon dari Mas Boy" dan juga "Kabayan" yang merupakan gambaran dari orang yanf Sunda banget, walaupun aslinya Didi Petet orang Jawa, tapi bisa ya dia, memerankan orang Sunda yang lucu pisan eta mah. Didi Petet selain jadi artis, dia juga menjadi ketua koperasi pelestari budaya Indonesia dan mengajar di IKJ. Saya sendiri juga pernah bertemu Didi Petet beberapa tahun silam. Sebagai impresi pertama saya tentang almarhum, dia orangnya tidak sombong, tapi santun dan rendah hati. Pertama saya pikir, Didi Petet teh orang Sunda soalnya maen di Kabayan persis banget kaya orang Sunda, tapi nantinya baru tahu kalo dia orang Jawa.
Almarhum Didi Petet mulai terkenal pada saat dia maen di tiga seri Catatan si Boy. Si Emon kalo lebih deket. Tokoh yang sangat anak kecil dan diperankan oleh sang Didi Petet? Kalo mikir orang dulu, mungkin ga kebayang ya, tapi entah bagaimana secara ajaib, bisa diperankan secara  bagus dan lucu. Didi Petet pernah berkata. "Jadi orang jangan berubah dan jangan kehilangan jalannya." kepada salah satu mahasiswa di IKJ yang dia ajar. Dalam perbincangan di TV tentang Didi Petet, menurut mereka beliau itu tidak menganggap dirinya sebagai aktor yang bagus, tapi biasa aja. Dia juga orangnya tidak suka membuat orang lain risih atau kecewa. Menurut keponakannya sendiri, Ari Puspodiharjo. Didi Petet tidak pernah mau dianggap sebagai artis dalam keluarganya, karena biasanya pekerjaan artis membuat seseorang tinggi hati, tapi menurutnya beliau bukan orang yang seperti itu.
Didi Petet mulai mengalami kecapean semenjak pulang dari Milan dalam World Expo Milano. Kesehatannya mulai memburuk dan dia ditimpa banyak pekerjaan. Tapi ia tidak mau melihat bahwa ia adalah seseorang yang sedang berada dalam masalah. Ia tampil dalam shooting, dan beberapa saat kemudian, kesehatannya pun jatuh drasits dan ia dibawa kerumah sakit. Pada subuh 14 Mei 2015, Didi Petet menghembuskan nafas terakhirnya di Tangerang Selatan. Banyak artis yang menghadiri pemakaman beliau. Didi Petet adalah salah satu artis kawakan terbaik Indonesia, dan kita pun terhibur olehnya dan kadang tersedih. Dilihat dari sini, kita bisa ambil satu hal. Manusia pasti akan mati, namun yang akan dikenang adalah jasanya karena itulah yang akan menghiasi pikiran manusia tentang orang yang ditinggalkan olehnya. Selamat jalan Didi Petet. Sang Legenda...

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos