AKU - Sjuman Djaya

Kanya Kamili Priyanti
Artikel oleh : Kanya Kamili Priyanti
Foto oleh : mirushka.wordpress.com
Pin It
Aku mungkin bukan seseorang yang rajin menulis, aku bukanlah salah satu orang yang dapat dikategorikan sebagai seseorang yang gemar menulis. 

Namun satu yang aku tahu pasti.. I enjoy reading. 

Mungkin bagi banyak orang, membaca merupakan kegiatan yang sangat menyita waktu dan tentunya aku tak setuju. Dan membaca karya-karya sastrawan dan para pujangga tanah air tak pernah membuatku jenuh. Dari Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa yang sudah berhasil aku rangkup dalam waktu satu tahun, novel-novel Dee Lestari dan Ika Natassa sebagai cerminan sastra masa kini, hingga buku autobiografi seperti Catatan Seorang Demonstran oleh Soe Hok Gie.

Ada satu buku yang selalu berhasil menarik hatiku, dan sudah aku baca kurang lebih hingga empat kali: AKU karya Sjuman Djaya.

Awalnya aku tertarik oleh buku ini hanya dikarenakan oleh film "Ada Apa Dengan Cinta?", sebagaimana para anak muda yang menonton film tersebut dan kebelet ingin jadi pujangga. Bukanlah suatu pencarian yang mudah mencari buku ini, namun setelah menelusuri FJB kaskus di page kedelapan, akhirnya saya berhasil menemukan buku ini.

Buku ini bukanlah novel, bukan kumpulan cerita pendek, maupun antalogi prosa, melainkan sebuah skenario film yang tak sempat digarap oleh almarhum Bapak Sjuman Djaya. Menceritakan hidup sang penyair tersohor - Chairil Anwar, judul buku ini disadur dari puisinya yang paling terkenal yaitu "Aku". 

Aku Ini Binatang Jalang
Dari Kumpulannya Yang Terbuang

Siapa yang tidak ingat kata-kata itu, sih? Buku ini menceritakan hidup Chairil Anwar dari kecil hingga masa mudanya yang cukup liar. Buku ini mengajarkanku untuk lebih berani dan mencerminkan daya juang anak muda Indonesia di jaman perang. Aku pun tak hentinya tercengang oleh sajak-sajak Chairil Anwar yang berhasil menggambarkan dinamika hidupnya. Sayang sekali, andai saja skenario ini dapat dilaksanakan dan membentuk sebuah film, pasti akan bagus sekali!

Jika kalian ingin lebih tahu mengenai hidup Chairil Anwar dan kemampuan Sjuman Djaya membuat script film, buku ini bisa menjadi panduan untuk belajar lebih jauh!
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos