Kerak Beras Menjadi Makanan Khas Kota SOLO ??!

Mutiara
Artikel oleh : Mutiara
Foto oleh : wisata.kompasiana.com
Pin It

Kota Solo terkenal dengan batiknya sebagai pakaian traditional, Tapi Selain itu ternyata ada makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi penduduk diluar kota solo . Makanan yang tak biasa dikenal oleh orang-orang jakarta. Makanan ini telah banyak diminati oleh para pengunjung yang berkunjung ke kota solo.

 

Yak ! Ternyata yang menjadi makanan khas orang solo adalah Kerak beras.

Kerak beras yang telah di olah menjadi makanan khas traditional solo ini banyak di kunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari luar kota solo.

 

Sebenarnya Intip goreng merupakan kerak dari beras yang didapat dari proses menanak nasi, kemudian kerak tersebut dijemur, kemudian digoreng hingga berwarna kuning ke-emas-an. 

Bagaimana dengan soal rasa, Intip goreng memiliki beragam varian rasa, ada yang  manis, pedas hingga asin. Namun, umumnya masyarakat lebih suka rasa manis dari gula Jawa yang dicairkan dan disiramkan di atasnya. 

 

Dari musim ke musim, apalagi menjelang Lebaran ini, harga Intip goreng mengalami kenaikan hingga 30 % dari harga normalnya yang berkisar sekitar Rp 18.000 menjadi berkisar Rp 20.000 karma ban yak peminat yang memesan.

Meskipun harganya naik, intip goreng tetap menjadi makanan special ketika Lebaran, sehingga sudah mulai sulit ditemukan karena sudah ludes diborong oleh pembeli yang umumnya berasal dari kota Jakarta yang sedang mudik ataupun berwisata ke kota Solo.

 

Jadi, jangan lewatkan panganan khas kota Solo yang memiliki cita rasa manis dan gurih ini 

Source :

http://kfk.kompas.com/kfk/view/111402-Tumpukan-Intip-Goreng%20dan%20bisnis-jateng.com 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos