Melihat Pergerakan Nasional di Gedung Mohammad Husni Thamrin

Mutiara
Artikel oleh : Mutiara
Foto oleh : google
Pin It

 

Pada awal abad ke-20, pemerintah kolonial Belanda membangun sarana dan infrastruktur di kota Batavia, yang sekarang dikenal sebagai DKI Jakarta, dengan mendirikan berbagai gedung-gedung yang berfunsi sebagai rumah tinggal, kantor, dan pelayanan masyarakat. Dari gedung-gedung tersebut, terdapat satu bangunan yang secara khusus dibeli oleh Mohammad Husni Thamrin yang kemudian ditujukan untuk melakukan berbagai pergerakan dan perjuangan Bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

 

Mohammad Husni Thamrin yang lahir di Sawah Besar, Jakarta, 16 Februari 1894, merupakan salah satu tokoh pahlawan kemerdekaan Indonesia yang mendorong Indonesia untuk berparlemen dan merdeka. Gedung tersebut menjadi Sekretariat Permufakatan Perhimpunan-Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI), yang dikenal sebagai Gedung Permufakatan.

 

Pada sejarahnya, gedung ini itu menjadi salah satu lokasi penting dalam perjuangan Bangsa Indonesia menuju kemerdekaan, karena pasalnya, di gedung inilah dilaksanakan berbagai pertemuan pergerakan nasional dan  kongres Bangsa Indonesia. Tokoh-tokoh pemimpin Bangsa Indonesia pasa masa pergerakan nasional juga selalu menggunakan gedung ini untuk melakukan perjuangan melawan penjajah.

 

Jika mengunjungi Gedung Mohammad Hoesni Thamrin, anda dapat menemukan foto-foto reproduksi yang menceritakan perjalanan perjuangan Mohammad Husni Thamrin dan pergerakan nasional Bangsa Indonesia. Selain itu, anda juga dapat melihat langsung radio yang digunakan Mohammad Husni Thamrin untuk mendengarkan siaran dari NIROM maupun dari luar negeri, serta lemari pakaian yang dimiliki oleh Mohammad Hoesni Thamrin.

 

 

Selain menyediakan berbagai koleksi peninggalan sejarah, Gedung Mohammad Hoesni Thamrin juga sering menyelenggarakan berbagai seminar dan lomba-lomba yang bertema pergerakan nasional. Oleh karena itu, jika anda ingin mengenal sejarah Indonesia dan tokoh Mohammad Hoesni Thamrin, kunjungilah Gedung Mohammad Hoesni Thamrin.

 

Source :

http://www.google.com/imgres?imgurl=http://www.thearoengbinangproject.com/wp-content/uploads/2011/12/thamrin1.jpg&imgrefurl=http://www.thearoengbinangproject.com/museum-mh-thamrin-jakarta/&h=342&w=525&tbnid=J4JdOKPlI_L7rM:&zoom=1&docid=ZWUyvhV5cUEy4M&ei=PA09Vb69MJDmuQTavYCgCA&tbm=isch&client=safari&ved=0CCEQMygEMAQ 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos