Merasakan Detik-Detik Kemerdekaan Indonesia di Museum Naskah Proklamasi

Mutiara
Artikel oleh : Mutiara
Foto oleh : Mutiara
Pin It

Pada sejarahnya, Museum Naskah Proklamasi didirikan sekitar tahun 1920, dengan luas tanah 3.914 m2 dan luas bangunan 1.138 meter persegi. Kemudian pada masa-masa penjajahan Jepang di Indonesia, gedung ini menjadi tempat tinggal Laksamana Muda Tadashi Maeda, Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat. Bahkan setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Tadashi Maeda tetap menempati gedung tersebut hingga Sekutu tiba di Indonesia pada September 1945 dan mengubah gedung tersebut menjadi Markas Tentara Inggris.  

 

Hingga pada akhirnya sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0476/1992 tanggal 24 November 1992, gedung ini ditetapkan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi, yaitu sebagai Unit Pelaksana Teknis di bidang kebudayaan dibawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi menjadi saksi bisu dari kejadian penting dalam proses kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan. Pada 16 Agustus 1945 hingga 17 Agustus 1945, di mana perumusan naskah proklamasi Bangsa Indonesia dilakukan tepat di gedung tersebut. Sehingga, pada tahun 1984, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Nugroho Notosusanto mengajukan Direktorat Permuseuman agar mengubah gedung yang memegang sejarah penting ini untuk menjadi Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang kita kenal hingga hari ini.

 

1756494620X310_1.jpg 

Pengunjung yang datang ke Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi dapat melihat berbagai koleksi sejarah yang menandai proses perumusan naskah proklamasi. Secara garis besar, terdapat empat ruang pameran yang ada di Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang terdiri dari: 1) Ruang Pra-Proklamasi Naskah Proklamasi, 2) Ruang Perumusan Naskah Proklamasi, 3) Ruang Pengesahan/Penandatanganan Naskah Proklamasi, dan 4) Ruang Pengetikan Teks Proklamasi.

 

Jika anda ingin dapat melihat langsung ruangan-ruangan yang digunakan dalam proses pembuatan naskah proklamasi, kunjungilah Museum Perumusan Naskah Proklamasi. 

 

Source :  

http://www.gedoor.com/wp-content/uploads/2011/07/museum_proklamasi01.jpg 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos