Patung Pangeran Diponegorongeran Diponegoro

Lavina Syafira
Artikel oleh : Lavina Syafira
Foto oleh : http://wartakota.tribunnews.com/2014/05/19/pemimpin-harus-seperti-pangeran-diponegoro
Pin It

 

Siapa diantara kalian yang tidak tahu Patung Diponegoro?! Biasa nya sihhh, orang yang tinggalnya di Jakarta pasti sering lewatin patung yang satu ini. Soalnya, patung ini berada ditengah-tengah jalan penghubung dari Jakarta Pusat ke Jakarta Timur. Tapi mungkin kebanyakan orang ngga begitu sadar atas keberadaan Patung ini, biasanya sadar karna udah disebut namanya “Patung  Pangeran Diponegoro” soalnya jalanan yang dilewatin itu memakai nama “diponegoro” jadi mungkin orang-orang ngeh nya karna nama jalan itu sih ya. Mungkin beberapa diantara kalian adalah pengguna jalan Diponegoro tiap harinya,jadi kalian juga harus tau kalau tadinya tuh sebelum patung Pangeran Diponegoro, patung wanita.

Patung yang dibuat dari perunggu ini memakan waktu hamper satu tahun saat proses pembuatannya. Hmmm.. dari waktu pembuatannya sih sama dengan patung-patung yang lainnya ngga beda, padahal kalo diliat-liat patung ini lumayan besar ya dan bukan cuman satu tokoh saja tapi ada dua yaitu sosok si pangeran beserta kudanya. Seperti yang kalian bisa liat setiap hari atau dari google, patung ini terdiri dari Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kudanya. Kalian juga harus tau nih, Patung ini tuh belum lama juga deresmikannya, berbeda dari patung-patung yang pernah kita bahas. Patung ini baru diresmikan pada 6 Desember 2005 oleh Bapa Sutiyoso.

Tapi setelah bahas Patung Pangeran Diponegoro kalian sebenarnya tau ngga sih beliau siapa? Kalo ngga tahu, mari kita bahas sedikit ya tentang beliau. Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia loh. Asal beliau itu dari Yogyakarta tapi beliau wafat di Semarang. Karna beliau sangat berjasa untuk kota Semarang maka nama beliau dijadikan nama jalan, nama universitas dan nama stadion, itu semua untuk selalu mengingat jasa-jasa beliau. Patung diponegoro ini juga tidak cuman di Menteng saja loh tapi ada juga di Semarang. Patung ini lebih dikenal dengan sebutan patung kuda ketimbang patung pangeran diponegoro. 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos