Berburu Ilmu ke Taman Mini Indonesia Indah

Angelica Chantika Herlambang
Artikel oleh : Angelica Chantika Herlambang
Foto oleh : Angelica Chantika Herlambang, Ajeng Savitri
Pin It

Taman Mini Indonesia Indah merupakan salah satu tempat wisata di kota Jakarta yang jumlah pengunjungnya termasuk salah satu yang paling tinggi. Kebanyakan pengunjung yang datang ke tempat wisata yang terkenal dengan anjungan-anjungan daerahnya tersebut datang dari mereka yang tinggal di kota-kota luar Jakarta.

DSC_0012_2.JPG 

Di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) anda dapat menemukan banyak sekali keindahan ragam budaya dan tradisi Indonesia yang dirangkum dalam satu tempat sehingga masyarakat Indonesia yang tidak bisa mengunjungi semua daerah di negeri kita ini secara satu persatu, mereka dapat mengunjungi TMII dan menemukan serta mengalami sendiri seperti apa suasana kehidupan dan ragam budaya yang ada di pulau-pulau sekeliling Indonesia.

TMII dibangun dengan konsep yang sangat menarik dan sangat bermanfaat karena ditujukan untuk membantu masyarakat mengenal Indonesia lebih dalam lagi melalui wahana-wahana yang dapat ditemukan didalamnya. Di TMII terdapat anjungan-anjungan daerah dan museum-museum yang berhubungan dengan sumber daya alam dan manusia yang ada di Indonesia.

DSC_0038.JPG 

DSC_0289.JPG 

Akan tetapi fasilitas yang tersedia di TMII kurang diperhatikan oleh pengelola tempat tersebut dan pemerintah. Terlihat seperti kurangnya penerangan di banyak wahana yang ada. Selain itu, tempat pameran binatang-binatang yang ada di Indonesia yang terdapat di Taman Reptilia dan Museum Komodo kurang terpelihara dan begitu pula binatang-binatangnya. Hal ini sangat disayangkan, seharusnya tempat seperti ini menjadi wadah untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan masyarakat Indonesia akan kekayaaan alam dan budaya yang dimiliki negeri kita.

Dengan fasilitas yang kurang terawat tersebut, masyarakat menjadi kurang tertarik untuk mengunjungi taman rekreasi ini sehingga jumlah pengunjung yang datang ke tempat tersebut menjadi semakin berkurang setiap tahunnya sehingga pengetahuan masyarakat akan kekayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia pun juga ikut berkurang, apalagi ditambah dengan banyaknya budaya westernisasi yang masuk ke Indonesia yang semakin mengurangi apresiasi orang-orang Indonesia terhadap budaya yang dimilikinya sendiri. TMII seharusnya menjadi wadah utama untuk menarik perhatian orang-orang Indonesia untuk melestarikan keindahan yang negeri kita miliki.

Dapat disimpulkan bahwa TMII memiliki wahana dan fasilitas yang menampung rangkuman keindahan dan kekayaan budaya serta berbagai sumber daya yang ada di Indonesia, akan tetapi semua tidak luput dari peran masyarakat serta pemerintah untuk bersama-sama menjaga kelangsungan berdirinya TMII di masa depan untuk tetap menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat luas. 

DSC_0124.jpg 

DSC_0014.JPG 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos