Kreatifitas Anak Kampung Gedang

Kandi Windoe
Artikel oleh : Kandi Windoe
Foto oleh : Kandi Windoe
Pin It

Cerita Panji umumnya berlatar kebudayaan agraris. Penggambaran peristiwa atau tempat kejadian dalam kisah Cerita Panji yang ada di relief-relief, tembang dan dongeng berkenaan dengan hutan, sumber air, tradisi panen raya sampai aktifitas di pasar.

Tradisi panen raya dalam Cerita Panji adalah sumber inspirasi dibalik gagasan Kreatifitas Anak Kampung Gedang. Kegiatan ini telah diawali dengan menanam biji jagung bersama anak-anak serta warga Kampung Gedang. Saat menunggu masa panen, anak-anak dibekali berbagai bentuk kreatifitas lewat workshop oleh mahasiswa UI, program periklanan internasional. Pertunjukkan hasil workshop akan diadakan bertepatan saat masa panen tiba.

IMG_1396.jpg
Jalan menuju Kampung Gedang
IMG_1398.jpg

 IMG_1410.jpg

Warga Kampung Gedang

 

Menumbuhkan kesadaran sejak dini pada anak-anak akan arti pentingnya menjaga, merawat serta melestarikan alam (harmonisasi manusia dan alam) adalah tujuan dari diadakannya edukasi tradisi panen raya lewat Kreatifitas Anak di Kampung Gedang.

 IMG_1424.jpg Menanam Benih Jagung di Kampung Gedang

IMG_1457.jpgIMG_1465.jpg

Cerita di balik program Kreatifitas Anak Kampung Gedang adalah merupakan program kreatif edukatif bagi mahasiswa yg mengintegrasikan berbagai disiplin keilmuan, seni, potensi dan bakat mahasiswa secara aplikatif.

Program ini didesain (memiliki pola rancang) sebagai sarana brainstorming, pendalaman dan penajaman perspektif mahasiswa dlm melihat aspek media, integrasi, marketing bukan dari aspek komersial komoditas, melainkan dari aspek antropologi budaya.

Budaya masyarakat adalah perpaduan aspek integrasi media dan marketing bila di lihat dari aspek antropologi budaya.

Dengan cara antropologi budaya, media tidak lagi dilihat hanya dalam bentuk cetak, visual audio serta teknologi perangkat semata.

Dan marketing tidak lagi dilihat dari aspek kebutuhan konsumen saja, melainkan dari aspek komunikasi dalam tradisi serta budaya masyarakat.

Mahasiswa akan bekerjasama untuk membuat konten budaya untuk digunakan melalui berbagai media seperti  kegiatan ‘event’ sederhana di outdoor dengan komunitas yang tinggal di Kampung Gedang dengan adanya kegiatan ‘engagement’ secara kontinu selama 3 bulan.

 IMG_1504.jpg

 Warga Kampung Gedang

IMG_1523.jpg

Workshop melukis kaos bersama anak-anak Kampung Gedang 

Pengalaman ‘engagement’ off-air ini merupakan bahan untuk materi online dimana mahasiswa akan membuat berbagai macam konten secara individual untuk disebarluaskan di internet. 

Seni dan tradisi budaya masyarakat adalah perpaduan integrasi media dan marketing yang secara utuh. Seni tari, musik, dll. secara media dipakai  untuk komunikasi pesan dalam menyampaikan nilai-nilai budaya secara universal. Tradisi budaya adalah marketing untuk mempertahankan nilai-nilai budaya.

Bentuk: membentuk kampung kreatifitas anak.

Kegiatan:

1. Merancang event kreatif "seni dan daur ulang sampah"
2. Berkebun bersama ''tanam jagung'‘ menanamkan kesadaran peduli dan cinta lingkungan

IMG_1607.jpg Mahasiswa-mahasiswa UI, program periklanan internasional

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos