Taman Mangrove Pantai Indah Kapuk, Pilihan Wisata untuk yang Kebosanan

Angelica Chantika Herlambang
Artikel oleh : Angelica Chantika Herlambang
Foto oleh : Angelica Chantika Herlambang, Ajeng Savitri
Pin It

Merasa bosan dengan mall-mall yang begitu banyak di Jakarta sampai kadang bingung ingin pergi ke mall yang mana merupakan hal yang biasa dialami oleh warga Jakarta. Ada begitu banyak tempat di Jakarta yang dapat Anda kunjungi apabila anda merasa bosan pergi ke mall-mall di ibukota dan salah satunya adalah taman wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk. Taman wisata ini merupakan tempat yang menjadi sangat populer dikalangan anak muda dan keluarga dikarenakan lokasinya yang sangat terjangkau dan juga tempatnya yang memiliki keindahan tersendiri yang akhirnya menarik untuk dijadikan objek foto dan berfoto.

IMG_2162.JPG 

Taman wisata ini memiliki luas 99,82 hektar. Taman ini dahulu merupakan tambak dan telah terdapat mangrove yang memenuhi kawasan tersebut sebanyak 40%. Namun kini lokasi tersebut didominasi oleh lahan basah dengan mangrove sebagai tumbuhan utamanya. Disana terdapat  bagian dimana Anda dapat melihat bibit mangrove yang baru ditanam.

Lokasi ini memiliki danau yang ditengahnya terdapat pondok yang mempesona dan lokasi inilah yang menjadi tempat paling favorit untuk berfoto karena banyaknya orang yang menunggu giliran untuk berfoto di bagian tempat tersebut. Kegiatan lain yang dapat Anda lakukan selain berfoto adalah menaiki perahu dan perahu genjot. Anda juga dapat menikmati wisata air lainnya.

Bagian dari taman wisata ini yang juga didatangi oleh banyak pengunjung adalah jembatan besar yang dapat disusuri. Jembatan itu mengarah ke ujung pantai yang kemudian terdapat jembatan yang belum jadi yang diperkirakan akan menjadi akses untuk menyeberang dimana akan dibangun pemukiman elit. Jembatan besar ini membentuk mengelilingi danau dan jika Anda berkeliling kira-kira jarak yang Anda tempuh adalah kurang lebih 1 km. 

Taman wisata mangrove ini juga menyediakan tempat penginapan bagi mereka yang ingin menginap dengan biaya yang bervariasi mulai dari Rp 300.000,- hingga Rp 600.000,- jika ingin menginap dengan maksimal 2 orang. Jika Anda ingin menginap beramai-ramai, terdapat villa yang dapat disewakan dengan harga mulai dari Rp 1.300.000,- sampai Rp 6.000.000,-.

IMG_2164.JPG 

Jika Anda ingin mengunjungi taman wisata ini dan ingin berfoto, disarankan untuk menggunakan handphone saja dikarenakan jika Anda membawa kamera profesional maka Anda akan dikenakan biaya yang sangat besar.

IMG_2163.JPG 

Tempat ini membawa kesan tersendiri bagi saya karena saya sangat jarang menemukan tempat yang asri di bilangan ibukota. Tetapi yang sangat disayangkan adalah tempatnya menjadi kurang terawat dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang dan terkadang membuang sampah sembarangan. Tempat makan pun sulit ditemui di dalam daerahnya, jadi jika ingin makan dan sekalian berkuliner Anda dapat pergi ke daerah sekitar taman wisata tersebut dimana terdapat banyak sekali kedai makan dan restoran-restoran yang lucu dan unik yang dapat Anda kunjungi. 

IMG_1482.JPG

IMG_0100.JPG 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos