Makna Tradisi Ceng Beng

Elizabeth Putri Narwastu
Artikel oleh : Elizabeth Putri Narwastu
Foto oleh : bukitbrown.com
Pin It

Perayaan ‘Qing Ming’ atau ‘CengBeng’ dalam dialek Hokkien merupakan tradisi tahunan bagi warga Tionghoa di seluruh dunia. Setiap tahun pada tanggal 5 April, orang Tionghoa akan pergi ziarah dan sembahyang ke makam para leluhur atau kerabat mereka yang sudah meninggal. Mereka membawa uang-uangan kertas dan dupa untuk dibakar di makam serta membersihkan makam para leluhur. Tidak hanya itu ,mereka juga membawa makanan-makanan favorit kerabat mereka yang sudah meninggal. Uang-uangan kertas yang dibakar ini maksudnya untuk membekali almarhum kerabat di alam baka. Dulu salah satu teman saya pernah bercerita malamnya sebelum CengBeng, dia mimpi didatangi alamarhum kakeknya. Menurut ceritanya, rumah almarhum kakeknya terbakar dan katanya beliau minta rumah lagi. Akhirnya teman saya dan keluarganya pergi ke makam almarhum kakeknya untuk Ceng Beng dengan membawa rumah-rumahan kertas yang baru serta uang-uangan kertas untuk membekali kakeknya di alam sana. Tradisi membakar uang-uangan atau rumah-rumahan kertas ini merupakan tradisi Tionghoa sejak jaman Dinasti Tang dan berlangsung hingga saat ini.

 

Terdapat sebuah Legenda di balik tradisi Ceng Beng ini. Dulu jaman perang antar kekaisaran Cina, ada seorang Kaisar yang kalah lalu menjadi tawanan perang di kekaisaran lain. Ketika akhirnya sang kaisar berhasil bebas dan kembali ke tempat asalnya ternyata kedua orang tuanya sudah meninggal dibunuh oleh musuhnya dan tidak ada yang mengetahui dimana kedua orang tua sang Kaisar dimakamkan. Akhirnya, sang  Kaisar memerintahkan seluruh rakyatnya untuk mengunjungi makam leluhur mereka dan tentunya, makam yang sepi adalah makam kedua orang tuanya. Sejakitu, setiap tahun selalu ada tradisi mengunjungi makam para leluhur.

 

Menurut saya, legenda ini mengajarkan bahwa kita yang masih mengetahui makam-makam leluhur kita wajib untuk tidak melupakan mereka dan terus membalas budi mereka dengan mengunjungi makamnya tiap tahun, mendoakan mereka dan juga membersihkan tempatmereka beristirahat.

 

 

 


Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos