Saung Angklung Udjo

Sharfina Fitri Indrayadi
Artikel oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Foto oleh : wisata-kita.com
Pin It

Tentunya banyak yang sudah familiar dengan angklung, alat musik tradisional yang kerap ditampilkan oleh musisi asal Jawa Barat ini. Tidak hanya populer dengan wayangnya, ternyata Angklung juga menjadi salah satu ikon dari budaya Sunda ini sendiri.

Ternyata ada satu fakta yang cukup mengejutkan dari alat musik satu ini. Nama alat musik yang dikenal berasal dari Jawa Barat ini ternyata berasal dari Bali yaitu kata angka (nada) dan lung (tidak beraturan). Karena itu, tidak hanya di Jawa Barat, Angklung Bali juga cukup digemari dalam pementasan musik tradisional.

Memang menarik jika mengetahui asal-usul dari sebuah alat musik yang tanpa kita sadari berkaitan dengan budaya daerah lainnya. Apalagi jika kita dapat sekaligus mempelajari cara memainkan alat musik. Dan khusus untuk alat musik angklung, ternyata Saung Angklung Udjo telah hadir untuk membantu kita mepelajari lebih dekat dengan alat musik tersebut.

Saung Angklung Udjo berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini dikenal sebagai salh satu pusat pendidikan budaya sunda. Tempat ini menyebut diri mereka sebagai one-stop cultural workshop karena beragamnya kegiatan yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya. Pengunjung pastinya akan merasa puas dalam kunjungannya ke tempat wisata ini. 

Dalam tempat wisata ini kita bisa menikmati pertunjukan angklung dan kesenian lainnya di performance venue. Untuk yang penasaran dengan tata cara pembuatan angklung, bamboo handicraft center adalah lokasi yang berisi seputar produksi angklung ini. Ada juga Banquet, sebuah diorama kampung Sunda dimana pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas dan menikmati fasilitas yang masih sangat kental dengan suasana Sundanya. Jika ingin lebih bersantai, pengunjung bisa beristirahat menikmati alam di wilayah taman dan saungnya. Sebelum pulang berwisata, terdapat toko souvenir yang sangat menarik untuk disinggahi. Beragam cenderamata unik dan khas sangat cocok untuk melengkapi kunjungan ini.

 

 

 

 

Source:

http://www.thejakartapost.com/news/2007/09/21/sundanese-enter-039angklung039-patent-battle.html-0

http://www.angklung-udjo.co.id

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos