Pameran Aku Diponegoro

Alida Rahmalia
Artikel oleh : Alida Rahmalia
Foto oleh : Alida Rahmalia
Pin It

Pameran Aku Diponegoro yang sedang diselenggarakan di Galeri Nasional ini sangat menarik perhatian banyak orang. Buktinya di hari Minggu siang, Galeri Nasional cukup padat dengan keramaian orang yang ingin datang ke pameran tersebut. 

IMGP1532.JPG

Pameran ini merupakan kelanjutan dari pameran Raden Saleh yang telah diinisiasikan oleh Goethe-Institut Indonesien pada tahun 2012. Dikurasi oleh Dr. Werner Kraus, Jim Supangkat, dan Dr. Peter Carey, pameran ini dibagi menjadi tiga bagian, masing-masing menampilkan pendekatan tersendiri terhadap sosok Diponegoro. 

IMGP1540.JPG 

Bagian pertama menceritakan Diponegoro di Mulut Sejarah Seni Indonesia, yang menceritakan sejarah Diponegoro melalui lukisan-lukisan yang kemudian direstorasikan. 

 IMGP1547.JPG 

Bagian kedua lebih ke pendekatan kontemporer terhadap Pangeran Diponegoro itu sendiri dar sudut pandang beberapa seniman-seniman.

Bagian ketiga menceritakan sisi Lain Diponegoro, salah satu bagian yang unik karena lebih berfokus kepada barang-barang yang berhubungan dengan Diponegoro, seperti foto, cukil kayu, kartu remi, buku komik, poster politik, dan uang kertas. 

 

IMGP1551.JPG 

Sesuai dengan tema yaitu tentang Pangeran Diponegoro itu sendiri memikat banyak orang-orang. Dari khalayak anak kecil hingga orang tua. Acara seperti ini patut untuk sering diselenggarakan setiap tahun untuk juga kembali mengenang pahlawan-pahlawan kita dan juga untuk kembali mengingat sejarah Indonesia. Akankah malu jika kita tidak mengenal tentang sejarah negara kita sendiri?

IMGP1554.JPG 

Pameran Aku Diponegoro ini pun banyak sekali rangkaian-rangkaian program menarik lainnya yang bisa dikuti berikut ini:

 TOUR TERPANDU

Ketahui lebih banyak mengenai pameran melalui para kurator! 


DISKUSI, LOKAKARYA, KONFERENSI

Bergabunglah dalam diskusi atau bicarakan tema spesifik dengan mendalam untuk mempelajari konsep dan desain pameran, proses restorasi, dan juga mengenai Diponegoro sebagai pahlawan nasional kita. 


PROGRAM KELUARGA

Nikamti aktivitas menyenangkan dengan keluarga bersama Museum Ceria, pentas dongeng dari Teater Koma, dan lokakarya potong kertas bersama Cutteristic/Dewi Kucu! 


PEMUTARAN FILM

Saksikan film spesial November 1828 dan Pendekar Goa Selarong di Kineforum


LOKASI

Galeri Nasional Indonesia 

Jl. Medan Merdeka Timur No. 14

Gambir, Jakarta Pusat, 10110

Indonesia


WAKTU PENYELENGGARAAN  

Pembukaan: 05 Februari 2015 / 19.30 (khusus undangan)

Pameran: 06 Februari – 08 Maret 2015 / 10.00 – 19.00 (terbuka untuk umum dan gratis)


www.akudiponegoro.com 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos