Kampoeng Wisata Cinangneng

Sharfina Fitri Indrayadi
Artikel oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Foto oleh : kampoengwisatacinangneng.com
Pin It

Kapan lagi bisa liburan di sebuah resort sambil menemukan berbagai macam keunikan dari budaya khas Jawa Barat? Tentunya dengan budget yang tidak mahal dan berlebihan! Kampoeng Wisata Cinangneng pastinya menjadi jawaban dari pertanyaan diatas. 

Sekarang, coba kita perhatikan dengan seksama anak-anak yang tinggal di zaman globalisasi ini, yang tentunya sangat erat dengan teknologi dan modernisasi, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di kota-kota besar. Tidak heran kalau sebagian besar dari mereka sudah lupa dengan tradisi dari masing-masing sukunya. Memang bukan salah mereka sepenuhnya, tetapi tentu tidak salah jika dalam diri kita, masih ada kebudayaan warisan nenek moyang secara turun temurun yang menjadi ciri khas suatu individu.

Kebetulan, Sunda adalah tradisi dan kebudayaan yang kental dalam keluarga saya sejak dahulu kala. Namun, tidak dapat dipungkiri, bahwa budaya yang ada dalam keluarga saya sejak turun temurun ini tidak sepenuhnya turun kepada saya. Jika ditanya apakah mengerti dengan bahasa Sunda, jawabannya pasti iya. Tetapi, apakah saya bisa berbahasa Sunda dengan fasih? Sepertinya saya ragu untuk menjawabnya.

Mungkin dari kejadian seperti inilah yang menjadi pemicu hadirnya kampung wisata ini. Kampoeng Wisata Cinangneng menghadirkan inovasi baru dalam menghadirkan resort untuk berlibur sekaligus berinteraksi dengan budaya Jawa Barat ini. Semuanya hadir dalam satu paket. Dari mulai belajar tari-tarian, alat musik seperti angklung, belajar lagu-lagu tradisional khas Sunda, sampai meramu minuman tradisionalnya ada disini. Semua kegiatan ini dikemas dengan sangat menarik, yang tentunya membuat suasana baru bagi para pengunjungnya.

Tentunya, yang menjadi salah satu masalah bagi beberapa kaum muda yang rentan melupakan tradisinya adalah tinggal di wilayah diluar kampung halamannya. Karena sangat jarang berinteraksi dengan orang-orang yang masih mengadopsi tradisi suatu suku dengan rutin–salah satunya adalah bahasa–mereka pun sulit untuk mempertahankan budaya tersebut dalam dirinya.

Melihat hal itu, Kampoeng Wisata Cinangneng memberikan inovasi lainnya, yaitu dengan menempatkan lokasi kampung wisata ini dengan perkampungan/desa yang sangat kental Sunda-nya. Dengan menciptakan interaksi antara warga desa dengan pengunjung, dharapkan agar nuansa khas Jawa Barat menjadi semakin lekat dari pada umumnya. 

 

 

Source: kampoengwisatacinangneng.com 

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos