Komunitas Salihara

Mayzsa Bianda
Artikel oleh : Mayzsa Bianda
Foto oleh : jjk.co.id
Pin It

Awal bermula suatu komunitas ini dimulai pada tanggal 8 agustus  2008. Komunitas salihara adalah komunitas swasta pertama yang berkiprah di bidang kesenian di Indonesia. Terletak di daerah pasar minggu, komunitas salihara didirikan oleh para pekerja seni seniman sastrawan dan jurnalis kelas dunia.

  Komunitas Salihara terdiri dari 3 unit bangunan utama yaitu Teater Salihara,  Galeri Salihara dan ruang perkantoran. Saat ini salihara banyak dikunjungi oleh penikmat seni kelas tinggi dan menjadi tempat diskusi para seniman sastrawan kelas dunia.

Salihara mempunyai beberapa program khusus yang di adakan secara regular. Dalam satu tahun, Salihara dapat menampilkan 100 mata acara pentas tari dan teater, konser musik, pembacaan dan diskusi sastra, pameran seni rupa, pemutaran film, dan bengkel kerja tari, sastra, dan musik. Salihara juga mengadakan ceramah dan diskusi tentang kesenian.

         Kesenian baru menjadi prioritas utama di Komunitas Salihara. Disebut sebagai “pusat kebudayaan alternatif” karena komunitas ini tidak dimiliki oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah ataupun kedutaan asing. Kebudayaan dan kesenian dianggap sebagai investasi yang tak ternilai bagi perkembangan bangsa Indonesia dan menjadi acuan untuk terus mengembangkan Komunitas Salihara. 

Reference : http://salihara.org/about

Photo Reference : jjk.co.id

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos