Komunitas Hong: Tempat Pelestarian Permainan Tradisional Anak - Anak

Sharfina Fitri Indrayadi
Artikel oleh : Sharfina Fitri Indrayadi
Foto oleh : http://amazingbandung.com/wp-content/uploads/2011/11/3.jpg
Pin It
Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Komunitas Hong telah mengumpulkan lebih dari 500 jenis permainan tradisional anak-anak. Permainan tradisional yang dilestarikan ini kebanyakan berasal dari Jawa Barat (250 permainan), Jawa Tengah dan Jawa Timur (213 permainan), dan Lampung (50 permaianan). Mohammad Zaini Alif, atau yang biasa dipanggil dengan Kang Zaini, merupakan pelopor dari terbuntuknya Komunitas Hong ini.

Komunitas Hong merupakan sebuah kawasan yang berisi wahana bermain tradisional yang bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan kembali permainan khas nusantara kepada anak-anak. Terletak di wilayah Dago, Komunitas ini ternyata tidak hanya mengahdirkan mainan-mainan tradisional, melainkan juga beberapa alat musik khas Indonesia. 

Usia para anggota dari komunitas ini cukup bervariasi, dari anak berumur 6 tahun sampai anggota dewasa yang berumur 90 tahun. Peran mereka dalam komunitas ini juga berbeda, untuk anak-anak sebagian besar menjadi pelaku permainan yang bertugas hanya untuk bermain dan mengeksplorasi setiap mainan. Sementara anggota yang dinilai sudah dewasa adalah sebagai pembuat mainan dan berperan sebagai narasumber.

Pada awalnya, filosofi dari terbentuknya komunitas ini adalah untuk melestarikan kembali mainan rakyat dari berbagai macam tradisi dan menjadikannya sebagai salah satu pendidikan agar setiap anak sadar akan tuhannya, mengenal dirinya dengan baik, dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. Dengan adanya komunitas ini, ratusan permainan rakyat telah diperkenalkan kembali, dilakukan pengembangan produk, dan dilestearikan agar kebudayaan memainkan permainan tradisional tetap populer dan bertahan sampai sekarang. 

Pentingnya komunitas ini menyadarkan masyarakat bahwa dari permainan lokal budaya Indonesia, banyak hal yang akan didapatkan oleh anak-anak. Pelajaran budaya, ketuhanan, sosial, dan pengembangan untuk diri sendiri bisa dipelajari oleh seorang anak dengan memainkannya. Hal ini sangat penting karena, permainan yang berkualitas adalah permainan yang tidak hanya menghibur tetapi juga bisa mengajarkan sesuatu kepada para pemainnya.


Source:
https://indonesiaproud.wordpress.com/2011/01/08/komunitas-hong-pelestari-permainan-anak-tradisional/
https://acara-event.com/komunitas-hong-hidupkan-permainan-tradisional-khas-indonesia/
http://www.inilahkoran.com/read/detail/1959110/komunitas-hong-kumpulkan-860-permainan-tradisional

Picture source:
http://amazingbandung.com/wp-content/uploads/2011/11/3.jpg
Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos