Asesoris Cantik Dari Sisa Bahan Kebaya

Foto oleh : Wd Asmara
Pin It

Batu_kristal_ukuran_besar_juga_cocok_digunakan.jpg

Tanggal 21 April sudah dekat, berbagai acara “Kartinian” siap di gelar di berbagai tempat baik di sekolah, di kantor bahkan yang tak kalah meriah di lingkungan perkampungan. Berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari mencari-cari kain dan kebaya di tumpukan baju yang mungkin sudah tersimpan lama di lemari, mencari pinjaman ke sana-kemari, atau bahkan membeli bahan untuk kebaya dan membuat janji dengan penjahit.

Pada umumnya perempuan Indonesia, selain menyambut hari Kartini, ada kalanya saat menghadiri suatu acara atau pesta, kebaya merupakan busana resmi yang wajib dikenakan. Dan disaat yang sama, biasanya masalah yang sering muncul adalah  bagaimana tatanan rambut yang cocok dengan kebaya yang akan dikenakan. Tampil dengan kebaya tidak bisa dipisahkan dengan gaya tatanan rambut dikonde atau disanggul. Namun terkadang masalah waktu persiapan menjadi kendala bila harus mengenakan konde dengan proses yang cukup rumit untuk kebanyakan kaum perempuan di jaman sekarang ini. Dengan sedikit kreatifitas, kitapun bisa membuat tatanan rambut dengan lebih simpel, cantik dan tampil lebih muda.

Saat ini begitu banyak asesoris cantik untuk rambut tersedia di berbagai toko, mulai dari yang etnik hingga bergaya glamor, namun terkadang kita ingin tampil spesial dan berbeda, mengapa kita tidak membuatnya sendiri?

Kita bisa memulai dengan langkah mudah, setelah menemui penjahit yang akan mengerjakan kebaya kita , minta sang penjahit untuk menyisihkan sisa-sisa potongan bahan yang akan kita gunakan sebagai bahan utama untuk membuat asesoris. Dan selebihnya serahkan pada hasrat anda untuk belajar berkreasi dan tampil cantik dengan hasil karya sendiri. Selamat mencoba!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Sisa bahan kebaya ( diutamakan bahan brokat ).
  2. Batu/Manik (berupa kristal, batu alam, imitasi atau semi precious) jumlahnya sesuai selera anda.
  3. Benang, gunting dan jarum jahit.
  4. Cangkang konde cepol (dapat dibeli di toko asesoris dengan ukuran dan warna yang  beragam). 

Cara membuat :

1.    Guntinglah sisa bahan kebaya sepanjang 75 cm dan lebar 5-7cm atau untuk lebarnya bisa disesuaikan motif kain, agar terlihat lebih cantik gunakan bagian pinggiran kain. Jika sisa bahan tidak mencukupi untuk dipotong secara utuh, anda dapat menyambungnya dari beberapa lembar dan dijahit tangan dengan rapi.

2.   Bahan yang sudah dipotong tadi dijahit kedua ujungnya (bahan bentuknya menjadi melingkar), kemudian dibagian pinggir dalam dijahit jelujur, jahitan tidak perlu terlalu rapat agar mudah ditarik.

3.    Setelah selesai di jelujur, agar kain tidak rusak, tariklah dengan perlahan kemudian anda akan mendapati bentuk kain seperti bunga.

4.     Siapkan cangkang konde cepol.

5.   Aturlah posisi ideal menurut anda, kemudian tempelkan bunga kain yang tadi kita buat denga cara dijahit dari bagian dalam cangkang, jahitlah dengan teliti, rapi dan kuat.

6.    Setelah tertempel kuat, mulailah menjahit batu dan kristal satu persatu, disarankan dimulai dari tengah, jangan takut dalam memilih warna, campuran warna sepadan dengan warna kain dengan warna-warna kontras membuat hiasan lebih hidup, bersinar dan lebih cantik. Ditahap ini anda betul-betul harus menjahitnya dengan penuh kasih, teliti, rapi dan kuat.

Cara Menggunakannya:

1.     Kuncirlah rambut diposisi yang ideal menurut anda.

2.    Rambut yang sudah dikuncir kemudian dibentuk bulat (cepol) lalu dibungkus dengan harnet, agar kuat gunakan jepit rambut kecil.

3.   Kemudian pasang cangkang konde cepol  yang telah anda percantik tadi dengan menggunakan jepit rambut kecil disekelingnya atau anda juga bisa menggunakan tusuk konde yang serasi.

Sisa bahan yang telah dibuat menjadi bentuk bunga lalu dipercantik dengan batu batu manik dan kristal ini sebenarnya juga dapat di aplikasikan menjadi jepit rambut dan bando.

Potongan_bahan_utama_dari_sisa_kebaya.jpg   Potongan bahan utama dari sisa kebaya

Rantai_mata_mata_dijual_di_toko_asesoris.jpg   Rantai permata imitasi  

Batu_atau_manik_yang_bisa_dibeli_di_toko_asesoris.jpg   Batu atau manik yang bisa dibeli di toko asesoris

Batu_kristal__bisa_diganti_sesuai_kreasi.jpg   Batu kristal 

Benang_dan_jarum_mudah_didapatkan.jpg   Benang dan jarum mudah didapatkan

Cepol__cangkang__dari_kawat__bisa_dibeli_di_toko_asesoris.jpg   Cepol (cangkang) dari kawat, bisa dibeli di toko asesoris atau juga bisa dibuat sendiri

Jahitan_jelujur.jpg   Jahitan jelujur 

Potongan_kain_sudah_berbentuk_bunga.jpg   Potongan kain setelah dijahit jelujur dan ditarik benangnya, menjadi berbentuk seperti bunga

Setelah_kain_berbentuk_bunga__dipasang_ke_cangkang_dengan_dijahit_dari_dalam.jpg   Setelah kain berbentuk bunga, dipasang ke cangkang dengan dijahit dari dalam

Memasang_batu_manik_dengan_jarum_jahit.jpg   Setelah potongan kain berbentuk bunga, baru dipasang batu manik dengan jarum jahit 

Kreasi_asesoris_rambut_sudah_jadi.jpg   Bentuk akhir setelah semua proses selesai 

Siap_dipadankan_dengan_kebaya.jpg   Siap dipadankan dengan kebaya 

Tips menyimpan kebaya: Setelah kain selesai dijahit, dan  sudah berubah menjadi kebaya cantik lengkap dengan manik-manik, payet dan mute, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan. Setelah kebaya dicuci, jangan lupa untuk menyimpannya dengan benar, kebaya berpayet cenderung berat, jangan disimpan dengan cara digantung, karena akan menyebabkan kebaya jadi memanjang, dan gantungan baju yang digunakanpun dapat merubah bentuk pundak kebaya menjadi kurang bagus.

Menyimpan_kebaya_berpayet_di_dalam_kotak.jpg   Menyimpan kebaya berpayet di dalam kotak 

Cara terbaik adalah dengan menyimpannya dalam sebuah kotak yang dilapisi kertas minyak, jangan lupa selipkan akar wangi yang telah di bungkus kain tipis, atau anti ngengat dan diangin-anginkan sesekali waktu agar kebaya tidak lembab. Selamat berkarya dan sambut hari Kartini dengan  cantik, semangat dan percaya diri. Salam Kratonpedia.

(teks & kreasi : Elly, Foto : Wd Asmara/Kratonpedia)

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos