Rahasia Sirih-Warisan Cerdas Dari Leluhur

Foto oleh : Wd Asmara
Pin It

Gemulai_putri_kraton.jpg

Daun Sirih adalah salah satu keajaiban bahan alami ramuan tradisional yang sudah menjadi resep kecantikan putri kraton sejak ratusan tahun silam, dan merupakan kekayaan budaya yang sungguh berharga untuk dilupakan begitu saja. Banyak jejak kecerdasan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang berkaitan dengan resep-resep perawatan kecantikan dan kesehatan khususnya untuk para perempuan pada jaman dahulu. Peninggalan alat-alat tradisional yang terbuat dari batu seperti lumpang dan pipisan, serta beberapa relief candi-candi Hindu di Jawa yang menggambarkan cara-cara pembuatan jamu untuk perawatan kecantikan para putri pada masa itu, memberikan fakta betapa cerdasnya para leluhur bangsa ini mewariskan tradisi mereka.

Lumpang_alat_tumbuk_dari_batu.jpg   Lumpang adalah alat tumbuk dari batu 

Salah satu resep warisan yang mudah dan mempunyai khasiat jitu untuk perawatan kesehatan serta kecantikan perempuan ini adalah daun sirih. Tanaman merambat yang mudah tumbuh di daerah pegunungan dan bisa dibudidayakan dalam pekarangan rumah maupun ditanam di dalam pot ini mempunyai banyak manfaat dalam setiap lembar daunnya. Kandungan minyak atsiri dan zat antiseptik serta beberapa zat bermanfaat lainnya menjadikan daun yang beraroma khas pahit jamu tersebut bisa mengobati bermacam penyakit, antara lain diabetes, lever, asam urat, hipertensi, hingga yang paling ringan yaitu mengatasi masalah bau badan.

Daun_sirih_hijau_yang_kaya_khasiat.jpg   Daun sirih hijau yang kaya khasiat 

Dengan bentuk daunnya yang menyerupai simbol hati atau lambang cinta, daun sirih juga merupakan simbol penyatuan cinta yang langgeng atau abadi dalam tradisi pernikahan adat Jawa. Prosesi melempar gulungan daun sirih yang diikat benang putih tersebut diberi nama ‘balang suruh’ atau lempar sirih. Dalam makna simbolis tersebut sebenarnya terkandung sebuah pesan manfaat yang nyata dari daun sirih. Karena daun sirih mempunyai beragam keajaiban khasiat yang dimilikinya secara alami, khasiat tersebut datang dari getah dan minyak yang dikandung didalam daunnya.

Tanaman_sirih_akan_tumbuh_subur_di_lahan_yang_teduh.jpg   Tanaman sirih tumbuh subur di lahan yang teduh dan lembab

Manfaat nyata tersebut antara lain adalah bisa menghilangkan bau tidak sedap di bagian organ vital perempuan, mengobati keputihan, mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap, menghilangkan bau badan yang kadang sangat mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Dari khasiat ampuh sebagai pembunuh kuman dan bakteri tersebut, menjadikan rahasia resep daun sirih merupakan hal yang wajib dikuasai kaum perempuan pada jaman dahulu sebagai salah satu resep rahasia kecantikan untuk tampil lebih percaya diri serta tampil cantik luar dalam.

Resep menjaga kesehatan dari luar dan dalam ini sangat mudah untuk dilakukan, karena cara pengobatan atau perawatan dengan daun sirih ini hanya memerlukan air sebagai media perantaranya. Bisa dengan cara diseduh air panas atau direbus untuk diminum seperti layaknya minum teh, atau dengan cara penggunaan luar seperti untuk kumur atau menggunakan air seduhan tersebut sebagai campuran untuk mandi. Rata-rata penggunaan daunyapun berkisar antara tiga lembar hingga sepuluh lembar dalam setiap resep pengobatan maupun perawatan, jadi tidak terlalu merepotkan.

Banyak khasiat daun sirih yang diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan dan perawatan yang jitu sejak ratusan tahun silam, dan manfaatnya sudah banyak dirasakan oleh para putri kraton untuk merawat kecantikan dan kesehatan sejak jaman dahulu kala. Indonesia mempunyai ribuan resep perawatan kecantikan dan kesehatan untuk diwarisi kaum perempuan, dan dengan meneruskannya, sebuah proses pelestarian warisan yang cerdas juga akan terus berlangsung. Salam Kratonpedia.

Menanam_sirih_sangat_mudah__ambil_potongan_batangnya_dan_tancapkan_ke_media_tanam.jpg   Menanam sirih sangat mudah, cukup dengan men-stek batangnya dan tanam di tempat lembab

Contoh resep mudah dari khasiat daun sirih

Menghilangan bau badan : 3 lembar daun sirih diseduh dengan setengah gelas air panas kemudian tambahkan gula satu sendok teh, diminum setelah dingin, bisa dilakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Menghilangkan bau mulut : 6 lembar daun sirih direbus dengan dua gelas air hingga mendidih, setelah dingin gunakan untuk kumur pagi dan malam hari. Bisa juga mengatasi pebengkaan gusi dan mencegah kerusakan gigi.

Untuk perawatan kecantikan dari dalam bagi perempuan : 3 lembar daun sirih diseduh dengan setengah gelas air panas, dan diminum secara rutin  satu minggu sekali atau sesuai kebutuhan.

Kombinasi_daun_sirih_dan_air_merupakan_kemudahan_pengobatan_tradisional.jpg   Mengolah daun sirih dan air merupakan cara yang mudah dalam resep perawatan kesehatan

(teks dan foto : Wd Asmara/Kratonpedia)   

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos