Bermain Dan Belajar Bertutur Dari Kediri (2)

Foto oleh : Wd Asmara
Pin It

Mahkota_daun_dan_biting.jpg

Mengenal Panji dan petualangannya, menurut beberapa karya sastra dan cerita babad, karakter Panji atau Panji Inu Kertapati digambarkan sebagai seorang kesatria, laki-laki yang berwajah tampan, bersikap pendiam dan halus budi, gemar menuntut ilmu dan gemar membaca, seniman piawai dan mumpuni berbagai cabang seni, bertabiat jujur dan lurus hati, taat kepada orang tua terutama kepada ibu, menyayangi binatang terutama binatang piaraan, ramah dan sopan terhadap sesamanya, setia dan menghormati istrinya, simpatik dan menarik, pandai menulis di kertas lontar, pahlawan perang hingga dijuluki Kusuma Yudha, piawai menari dan bermain gamelan, piawai mendalang wayang.

Petualangan Panji, begitulah istilah yang mungkin cocok untuk menceritakan kisah-kisah perjalanan hidup seorang Panji pada jaman sekarang  ini. Cerita Panji Inu Kertapati atau yang juga dikenal dengan nama Panji Asmara Bangun setelah kisah petualangannya berakhir  dengan menikahi Candrakirana atau Dewi Sekartaji  seorang putri dari kerajaan Daha (Kadhiri). Panji Inu Kertapati adalah seorang kesatria kraton Jenggala, nama saat masih berada didalam kraton adalah Raden Kudarawisrengga, merupakan putra tertua  dari Prabu Lembu Amiluhur  Raja Jenggala kala itu.  Awalnya  Panji Inu Kertapati dijodohkan dengan  sepupunya yang bernama Dewi Sekartaji,  yaitu puteri dari Prabu Lembu Amerdadu, Raja Daha yang merupakan adik kandung dari Raja Jenggala. Namun takdir berkata lain, dalam rencana perjodohan tersebut banyak diselingi perbagai rintangan dan kejadian yang membuat pernikahan Panji Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji urung dilaksanakan.

Perjodohan yang diterima sebagai bakti seorang anak kepada orang tua ini berubah menjadi sebuah kisah drama yang penuh dengan petualangan. Itu semua terjadi ketika ternyata Panji Inu Kertapati jatuh cinta dengan perempuan pujaan hatinya yakni Retno Angreni putri seorang Patih Kraton Jenggala. Bermula dari kisah percintaan inilah, drama dan berbagai konflik masuk dalam kehidupan Panji Inu Kertapati. Setelah Raja Jenggala menyadari bahwa ada hambatan yang menghalangi niatnya untuk menjodohkan Panji dengan Sekartaji, muncullah berbagai skenario untuk bisa mewujudkan rencana perjodohan tersebut. Semua itu akhirnya harus ditebus dengan kematian Retno Angreni. Kematian Angreni  melahirkan dua versi penyebab, yaitu Angreni bunuh diri karena tahu dirinya akan dibunuh oleh orang suruhan Raja,  dan mati dibunuh oleh Raden Nila Prabangsa yaitu anak  tertua dari selir Raja Jenggala.

Sejak kematian Retno Angreni itulah kehidupan Panji Inu Kertapati mulai diwarnai dengan pengembaraan dan peperangan. Dan berita batalnya pernikahan Panji Inu Kertapati dengan Dewi Sekartaji tersebut tersebar hingga ke negeri negeri asing yang membuat para Rajanya tertarik untuk melamar putri kraton Kediri tersebut. Termasuk Prabu Klana Sewandana, seorang Raja dari tanah Hindu yang berencana berangkat ke Kediri dengan membawa pasukan prajurit seratus kapal banyaknya untuk melamar Dewi Sekartaji. Kisah tersebut berakhir dengan peperangan besar antara pasukan Prabu Klana Sewandana dengan prajurit Kediri. Dan Prabu Klana Sewandana-pun akhirnya dikalahkan oleh Panji Inu Kertapati. Dan kisah kesetiaan penantian Dewi Sekartaji berakhir dengan bahagia karena Panji Inu Kertapati telah kembali dan menikahinya di Kediri.

wayang_damen_sekartaji.jpg   Wayang damen tokoh Dewi Sekartaji 

Empat puluh lima menit perjalanan menuju desa Sonoageng Nganjuk, setelah melewati jalanan kecil dari kota Kediri menuju Prambon Kabupaten Nganjuk, dan sempat istirahat beberapa saat di rumah pak Toho  seorang pengrajin wayang kertas di desa Jabon Banyakan,  lalu kami ngobrol tentang cerita Panji diatas, rasanya cuaca panas siang itu mulai terobati oleh segarnya segelas es teh manis dan kisah petualangan Panji yang kami bahas siang itu.

Setelah melanjutkan perjalanan, akhirnya sampailah disebuah mulut gang kecil dengan gapura tembok yang terdapat dua patung sapi berwarna putih di salah satu sisi gapura. Rupanya inilah gerbang masuk ke desa Sonoageng yang dulunya terkenal dengan peternakan sapi tradisionalnya yang pernah menjadi juara Nasional atas keunggulan kualitas ternaknya. Tak jauh dari jalan masuk desa tersebut, di sebelah kiri jalan terlihat sebuah rumah dengan halaman yang cukup luas dengan rindangnya pepohonan, ada pohon mangga dan pohon nangka yang seolah memayungi halaman rumah tersebut dari sengatan sinar matahari yang panas siang itu.

Tidak berbeda dengan suasana di desa Bujel Mojoroto Kediri, tampak kerumunan anak-anak sedang berlarian dan saling dorong entah sedang bermain apa. Siang itu mereka sedang bersiap untuk pementasan tari jaranan seperti halnya yang dilakukan anak-anak di desa Bujel Mojoroto. Terlihat anak-anak yang akan terlibat dalam pementasan sore itu masih berusia rata-rata dibawah usia tujuh tahun. Disela mereka berlarian dan bercanda dengan temannya, ada juga yang sedang memungut ranting pohon yang sudah kering untuk bermain layaknya sedang menunggang kuda dan berjoget di bawah rindangnya pohon mangga.

Tak lama setelah itu, datanglah seorang laki-laki berusia lima puluh tahunan yang tampak masih gagah dan terlihat muda. Warga desa Sonoageng memanggilnya mas Anto. Anak-anak mulai mengerumuni mas Anto yang siang itu akan merias mereka dengan dandanan dedaunan. Mas Anto adalah seniman jaranan senior di desa ini, lahir dan dibesarkan di lingkungan masyarakat petani yang masih sangat kuat dengan tradisi, namun juga terbiasa dengan kedisiplinan serta kemandirian yang diajarkan oleh ayahnya yang pensiunan marinir.

Tak berapa lama semua anak sudah siap dengan kostum mereka. Dalam pementasan Kediri Bertutur  ini yang menjadi ciri khas dan kekuatannya adalah, semua pementasan disajikan oleh anak-anak dengan pakaian seadanya atau pakaian sehari-hari dengan penambahan atribut dari dedaunan, hal ini membuat suasana bermain lebih menonjol dibandingkan sebuah pementasan. Dari sini proses belajar dan mengenal budaya asli yang mereka warisi turun temurun terjadi lebih alami dan tidak dalam bentuk pemaksaan, sehingga rasa senang dan rasa suka bisa muncul dalam diri anak-anak, baik yang terlibat langsung maupun yang menonton. Anak-anak menikmati cara bertutur yang sudah ada sejak jaman nenek moyang mereka dulu dengan cara mereka, yaitu dunia bermain. Tidak terlihat sebuah kegiatan atau bentuk pembelajaran atau menggurui yang tertangkap secara langsung di acara tersebut, yang ada adalah suasana bersenang-senang dan bermain.

Odi_dkk_mejeng.jpg    Odi (kaos merah muda) nampang bersama teman-temannya  berandai-andai seolah muncul di tv.

Bermain adalah cara belajar yang menyenangkan, mulai dari lenggak lenggok jaranan anak-anak hingga gemulainya Dewi Sekartaji dan mbok embannya, kemeriahan gamelan sederhana yang mengiringi lagu-lagu dolanan anak, semuanya tersaji dengan ‘kemegahan’ yang sederhana, tapi susah menahan diri untuk tidak ikut bergoyang karenanya bila kita ada disana. Kediri Bertutur memberikan banyak inspirasi tentang cara belajar dari masa lalu, bukan dengan cara ‘semena-mena’ atau asal melestarikannya, tapi lebih memahami sebuah warisan cara bertutur yang mengajarkan kebaikan  dengan menanamnya dalam diri kita, apalagi sejak usia anak-anak. Kediri Bertutur meninggalkan kenangan akan keindahan dan  kepahlawanan kisah-kisah tempo dulu yang tidak akan usang meski hadir di jaman serba canggih sekalipun, dan saat terlihat anak-anak tetap bermain dengan kegembiraan dengan warisan tradisi mereka, sungguh mereka tidak merasa bahwa mereka sedang belajar tentang kebaikan di dalamnya. Salam Kratonpedia.

Antrian_untuk_berganti_kostum.jpg   Antrian untuk berganti kostum 

Mas_Anto_memakaikan_selempang_dari_daun_buah_nangka.jpg   Mas Anto dengan sabar memasang selempang dari daun buah nangka ke anak-anak yang antri

Gamelan_ditabuh_oleh_anak_anak_muda_desa_Sonoageng.jpg    Gamelan ditabuh oleh anak-anak muda desa Sonoageng 

Jaranan_dibawakan_dengan_kostum_pakaian_sehari_hari_dengan_hiasan_dedaunan_membuat_anak_anak_lebih_menikmati_dunia_bermainnya.jpg   Jaranan dibawakan dengan kostum layaknya sedang bermain di halaman rumah

Sabetan_pecut_yang_fasih_layaknya_jaranan_yang_dibawakan_oleh_penari_dewasa.jpg   Sabetan pecut yang fasih layaknya jaranan yang dibawakan oleh penari dewasa 

Tononan_yang_disuguhkan_di_lokasi_halaman_rumah_warga_desa_Sonoageng_yang_lapang_dengan_pepohonan_yang_rindang__sungguh_kemasan_acara_yang_tepat_dan_menyenangkan_untuk_anak_anak.jpg   Halaman dengan rindangnya pepohonan yang asri, tempat bermain yang menyenangkan 

Pertunjukan_wayang_damen_yang_dibawakan_oleh_dalang_wayang_krucil_mbah_Ran_dari_desa_Nglawak_mengakhiri_acara_di_sore_itu.jpg   Pertunjukan wayang damen oleh dalang mbah Ran dari desa Nglawak meramaikan suasana 

Saatnya_bermain_dan_suka_suka.jpg   Saatnya bermain dan suka-suka

Ayo_joget_rame_rame_rek.jpg   "Ayo joget rame-rame rek"

Tari_suka_suka_dengan_diiringi_gamelan_dan_tembang_tradisional_dolanan_anak_anak_membawa_suasana_menjadi_penuh_suka_cita_diakhir_penampilan.jpg   Iringan gamelan dengan tembang tradisional dolanan anak-anak membawa anak-anak berjoget ria

Odi_sudah_siap_untuk_tampil.jpg   Odi kelak siap untuk tampil membawa jaranan keliling dunia

 (teks dan foto : Wd Asmara/Kratonpedia)

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos