Tradisi Di Malam Kemenangan

Foto oleh : Wd Asmara
Pin It

14.jpg

Setelah sebulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa, menjalani segala tantangan untuk membersihkan diri dari dosa. Melawan sifat buruk diri sendiri dan berharap mendapatkan ampunan serta pahala dengan mendekatkan diri kepada Yang Esa.

Malam takbiran adalah bentuk syukur atas berkah yang diterima dengan kumandang takbir dan bedug yang menggema, hingga menjadi tradisi perayaan atas kemenangan mengendalikan diri, dan bukan saja kemenangan karena bisa menahan rasa lapar dan dahaga.

Makna secara umum itulah yang mudah dilihat, dan sudah turun temurun menjadi sebuah tradisi di beberapa daerah pedesaan maupun pinggiran kota. Perayaan kemenangan pada malam takbiran sudah menjadi milik masyarakat Indonesia sejak lama.

Anak-anak berekspresi dengan gembira menyambut datangnya hari raya, berbagai cara bahkan pesta yang sederhanapun bisa membuat anak-anak tetap bersuka cita. Bagi mereka yang paling mudah diingat saat lebaran tiba adalah waktu untuk berkumpul, bergembira bersama teman dan keluarga.

Sebuah keunikan yang sudah menjadi budaya dan selalu mewarnai datangnya hari raya Idul Fitri akan terus menjadi kenangan indah bagi anak-anak Indonesia. Sedikit rekaman atas pesta malam kemenangan akan menjadi oleh-oleh yang bisa disimpan lama hingga waktunya tiba untuk di buka kembali saat anak-anak tumbuh dewasa. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Batin. Salam KratonPedia.  

10.jpg 

12.jpg 

15.jpg 

16_1.jpg 

3.jpg 

2.jpg 

1.jpg 

5.jpg 

8.jpg 

9.jpg 

6.jpg 

7.jpg 

(teks dan foto : Wd Asmara/KratonPedia)

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos