Suka Cita Di Malam Purnama (1)

Foto oleh : Wd Asmara
Pin It

 3.jpg

Hari Senin 12 September 2011 malam, suasana di Klenteng Poncowinatan atau juga dikenal dengan nama Tjien Ling Kiong yang persis berada di belakang pasar Kranggan Yogyakarta tampak berbeda dengan hari biasanya. Malam itu terlihat ramai dan bertabur cahaya lampu yang lebih terang dari malam sebelumnya. Rupanya Senin malam tersebut hari yang istimewa, atau tepatnya merupakan malam bulan purnama atau malam suka cita, yang penetapannya ditentukan  berdasarkan perhitungan kalender Tionghoa yaitu jatuh pada tanggal 15 bulan Imlek.

Bagi masyarakat etnis Tionghoa malam tersebut adalah malam perayaan yang ditunggu-tunggu, yaitu malam perayaan bulan purnama atau perayaan Tiong Jiu. Tiong Jiu adalah tradisi asli etnis Tionghoa yang diwarisi dari leluhur mereka di negeri Tiongkok, dulunya konon merupakan hari perayaan setelah masa panen tiba yang dinikmati oleh seluruh masyarakat tanpa dibedakan suku dan agama.

Perayaan datangnya malam bulan purnama ini adalah murni tradisi suka cita dan pesta rakyat untuk merayakan kegembiraan bersama dan bukan sebuah acara keagamaan. Di negeri asalnya dulunya tradisi ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah, dan mereka berbagi suka cita dengan semua warga termasuk yang kurang beruntung atau gagal dalam panen. Ungkapan kegembiraan tersebut merupakan bentuk kebersamaan dalam bermasyarakat dan sudah menjadi tradisi para leluhur etnis Tionghoa di negeri asal mereka. Dan kebaikan tradisi tersebut  yang akan terus dilestarikan dengan perayaan bulan purnama atau perayaan Tiong Jiu setiap tahunnya.

Perayaan ini sudah termasuk tradisi yang sudah jarang dilakukan bagi kalangan etnis Tionghoa di Indonesia. Klenteng Tjien Ling Kiong di daerah Poncowinatan inipun baru menghelat acara perayaan untuk yang ketiga kalinya sejak tahun 2009 lalu. Dan dimaksudkan dengan perayaan yang ketiga ini, tradisi yang berasal dari leluhur mereka bisa terus diwariskan ke generasi berikutnya hingga tidak hilang atau terputus dengan rantai sejarah asal usulnya.

Bagi etnis yang dalam struktur sosial sebagai masyarakat golongan minoritas ini, perayaan bulan purnama adalah juga sebagai hari permohonan untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang semakin baik dengan terciptanya kerukunan, kedamaian serta kesejahteraan untuk seluruh umat manusia. Jadi dalam perayaan bulan purnama  ini selalu  terbuka untuk umum, sehingga semua masyarakat dari golongan dan etnis apapun bisa ikut merayakan serta merasakan kegembiraan, sehingga  bisa lebih mengenal tradisi masyarakat etnis Tionghoa dan memahami maknanya.

Satu hal yang menjadi ciri khas dalam perayaan bulan purnama adalah saat pembagian kue bulan yang berbentuk bulat mirip dengan bakpia. Hal ini sebagai simbol dari bentuk bulan purnama yang bulat dengan sebuah makna harapan akan satu kesatuan yang utuh, rukun dan saling tolong dalam kehidupan bermasyarakat. Kue ini berukuran besar, kurang lebih berdiameter 13 cm dengan ketebalan 3 cm, dan layaknya kue bakpia, kue ini juga mempunyai isi aneka rasa, ada coklat, durian, daging dan kacang hijau.

Selain pembagian kue bulan, perayaan bulan purnama juga selalu meriah dengan berbagai bentuk kegembiraan, seperti yang digambarkan dalam lirik tembang Jawa “Padhang Mbulan”  yang berkisah tentang kegembiraan menyambut datangnya sinar terang bulan purnama.

Ada bermacam hiburan dan acara makan bersama bagi siapa saja yang datang untuk bersuka cita tanpa ada batasan usia dan dari etnis apa. Sebuah perayaan malam bulan purnama yang sungguh memberikan inspirasi akan kehidupan yang rukun serta menghapuskan jarak hanya karena saling berbeda. Setidaknya semua yang datang merasakan kegembiraan bersama, tanpa harus ada beban batas-batas mayoritas dan minoritas, karena bagi masyarakat biasa harapannya hanyalah ingin ikut merasakan suka cita di malam perayaan bulan purnama. Salam kratonpedia.

1.jpg

2.jpg

4.jpg 

13.jpg 

5.jpg 

7.jpg 

8.jpg 

6.jpg 

9.jpg 

10.jpg 

11.jpg 

12.jpg 

(teks dan foto : Wd Asmara/kratonpedia)

Pin It
Maps
Photos
Recent Articles
Videos