Pangrebongan Dalam Rekaman Foto (bagian 1)

foto oleh : Wd Asmara

Pangrebongan Dalam Rekaman Foto (bagian 1)

penjor2_1.jpg

Pangrebongan  bisa juga dilihat sebagai sebuah upacara Odalan atau Piodalan, yaitu sebuah perayaan tahunan (bisa juga 6 bulan sekali) yang berlangsung di Pura Dalem Petilan Kesiman Kertalangu Denpasar Timur. Karena Upacara inilah akhirnya Pura Dalem Petilan dikenal dengan nama Pura Pangrebongan. Pura Pangrebongan keberadaannya berkaitan erat dengan keberadaan Pura Dalem Kesiman atau Pura Dalem Pemuteran Kesiman yang pada jaman kerajaan Kesiman dulunya terletak di Kertalangu di sisi timur sungai Ayung.Dan kemudian saat pergantian penguasa, pusat Kerajaan dipindahkan ke sebelah barat sungai untuk menghindari saat air sungai Ayung pasang.

Cerita Kesiman dan Pangrebongan akan hadir dalam sajian berikutnya di KratonPedia. Kali ini kami sajikan rekaman foto-foto spesial Pangrebongan yang akan memberikan sedikit sudut pandang gambaran sebuah prosesi pesta adat yang mempunyai makna sebagai penyatuan akan berbagai perbedaan yang ada di pekraman adat Kesiman.

Berangkat_ke_Pura_1.jpg 

menuju_pura_1.jpg 

menuju_pura2_1.jpg 

masuk_pura_1.jpg 

menuju_pura3_1.jpg 

masuk_pura3_1.jpg 

masuk_pura2_1.jpg 

tabuh_rah3_1.jpg 

tabuh_rah_1.jpg 

tabuh_rah2_copy_1.jpg 

gamelan_perempuan_1.jpg 

keramaian_1.jpg 

keramaian_2_1.jpg 

kerauhan3_1.jpg 

kerauhan2_1.jpg 

kerauhan6_1.jpg 

kerauhan8_1.jpg 

ngurek_1.jpg  

kerauhan_hebat4_1.jpg 

kerauhan_hebat3_1.jpg kerauhan_hebat_1.jpg

kerauhan_hebat2_1.jpg 

air__suci_1.jpg 

Prosesi diatas merupakan bagian puncak pada upacara Pangrebongan yang berlangsung sejak pagi dengan dihadiri oleh beberapa banjar di lingkungan Kesiman dan dilanjutkan hingga malam hari melalui ritual kerauhan(kesurupan) dan ngurek(menghujamkan keris ke tubuh) sebagai bentuk bakti dan keihklasan berserah diri kepada Tuhan yang dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat adat Kesiman.

Kalau dilihat secara umum, upacara ini sarat makna, tetapi yang jelas terlihat adalah bentuk tradisi ini membawa penyatuan dari berbagai unsur dan golongan dalam keragaman masyarakat adat Kesiman yang secara bersama melakukan pesta besar untuk merayakan syukur atas berkah yang mereka dapatkan tanpa memandang perbedaan satu sama lain.Sampai ketemu pada rekaman foto bagian 2 dan cerita Pangrebongan dengan segala makna dan keunikannya.Salam KratonPedia.  

(teks dan foto : Wd Asmara/KratonPedia) 

 


Pin It

Foto terkait

Artikel terkait